PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTsN 9 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

TRIANA KHOIRUNNISA', 12204183041 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN WHATSAPP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTsN 9 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (433kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan WhatsApp Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTsN 9 Blitar Tahun Pelajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Triana Khoirunnisa’ dengan NIM 12204183041, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan WhatsApp, Pemahaman Konsep. Pemahaman konsep merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran. Pemahaman konsep dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi yang diterima dan menyelesaikan suatu permasalahan. Akan tetapi, berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yakni kurang seimbangnya penggunaan teknologi dalam suatu proses pembelajaran. Guna meningkatkan pemahaman konsep, dapat dicapai melalui proses pembelajaran yang seimbang, efektif, dan efisien dalam penerapan teknologi guna menghadapi era digital ini. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran blended learning. Dengan model pembelajaran Blended Learning akan diterapkan gabungan antara pembelajaran langsung dengan pembelajaran berbasis internet menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan penelitian untuk skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan WhatsApp terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTsN 9 Blitar tahun pelajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan WhatsApp terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTsN 9 Blitar tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN 9 Blitar. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan whatsapp terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTsN 9 Blitar tahun pelajaran 2021/2022, pada taraf signifikansi 0.000, (2) Besar pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan whatsapp terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTsN 9 Blitar tahun pelajaran 2021/2022 dengan besar pengaruh adalah 0,22 atau dalam bentuk presentase yaitu sebesar 22% dengan kriteria tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Luring
Matematika
Pendidikan
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183041 Triana Khoirunnisa'
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:42
Last Modified: 28 Sep 2022 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30966

Actions (login required)

View Item View Item