PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs AL HUDA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ILHAM BAIHAQI, 3214113086 (2015) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs AL HUDA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
2. Halaman Depan.pdf

Download (355kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II Landasan Teori.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V Penutup.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh Kedisiplinan dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015”, ini ditulis oleh Ilham Baihaqi, NIM. 3214113086, Pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci : Kedisiplinan, Perhatian orang tua, Prestasi belajar matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa kedisiplinan dan perhatian orang tua dapat mempengarui tingkah laku dan prestasi belajar siswa. Khususnya pada pelajaran matematika, kedisiplinan siswa baik dalam belajar maupun dalam mentaati tata tertib ketika semua itu sudah tertanam di dalam diri siswa dan sudah terbiasa maka akan timbul sebuah kesadaran, ketika siswa dalam melakukan sesuatu atau dalam belajar dilandasi dengan kesadaran diri bukan paksaan maka hasilnya nanti juga akan berbeda dengan siswa yang melakukan sesuatu atau belajar dengan dilandasi sebuah paksaan. Selain itu perhatian orang tua juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa karena orang tua adalah seorang manajer pendidikan bagi anaknya. Dengan perhatian orang tua anak akan terarah dan terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh kedisiplinan dan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al Huda tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 218 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 44 siswa mengambil 20% dari jumlah populasi siswa dengan menggunakan teknik proporsional sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi digunakan mengetahui nilai prestasi belajar matematika siswa. Teknik analisia data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, linieritas, dan asumsi klasik. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan bantuan software aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara individual dan secara bersama-sama disiplin belajar dan bimbingan orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi dari masing-masing bebas bernilai positif, seperti yang terlihat pada persamaan regresi linear ganda sebagai berikut: Y =54,466+0,112X_1+〖0.128X〗_2, artinya prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh disiplin dan perhatian orang tua. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kedisiplin siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,119 > 2,019 dan signifikansi 0,003 < 0,005 (2) Perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,473 > 2,019 dan signifikansi 0,004 < 0,05. (3) Kedisiplinan dan Perhatian orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika mata pelajaran matematika. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 6,322 > 3,23 dan signifikansi 0,004 < 0,05. Variabel kedisiplinan dan Variabel perhatian orang tua memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 23,6%, sedangkan 76,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113086 ILHAM BAIHAQI
Date Deposited: 23 Dec 2015 03:54
Last Modified: 23 Dec 2015 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3097

Actions (login required)

View Item View Item