PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII REGULAR MTsN KUNIR WONODADI BLITAR

Nurul Yuliana Rahmawati, 3214113025 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII REGULAR MTsN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan matematika juga mendasari perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini. Oleh karena itu diperlukan penguasaan matematika oleh siswa melalui pembelajaran. Pemilihan media pengajaran sebagai alat bantu pengajaran ditujukan agar kompetensi dasar dan indikator pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, sehingga hasil belajar menjadi lebih baik. Salah satu alat bantu pengajaran yang dapat digunakan oleh para guru matematika adalah lembar kerja terstruktur. Melalui lembar kerja terstruktur siswa dilatih untuk memahami berbagai macam konsep dasar matematika secara runtut dan logis, serta menjanjikan berbagai tipe soal secara tepat dintaranya dalam mempelajari persamaan linear satu variabel (PLSV). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja terstruktur terhadap hasil belajar dan motivasi materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Kelas VII Regular MTs Negeri Kunir Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Angket, 3) Observasi, 4) Interview, 5) Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Regular MTsN Kunir Wonodadi Blitar dengan diperoleh kelas VII-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-9 sebgai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji MANOVA Berdasarkan hasil analisis data diketahui : (1) adanya pengaruh penggunaan lembar kerja terstruktur dengan hasil belajar memberikan harga F sebesar 24,273 dengan signifikansi 0,000, dimana 0,000 ≤0,05 . (2) adanya pengaruh penggunaan lembar kerja terstruktur dengan motivasi belajar memberikan harga F sebesar 12,065 dengan signifikasi 0,001, dimana 0,001 ≤0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah Hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa pada penerapan pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja terstruktur materi persamaan linear satu variabel (PLSV) mempunyai rata-rata lebih baik dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu guru diharapkan dapat membuat situasi pembelajaran yang bermakna bagi siswa dengan cara mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian ini dengan lingkup yang lebih luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: nurul yuliana
Date Deposited: 22 Dec 2015 06:38
Last Modified: 22 Dec 2015 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3102

Actions (login required)

View Item View Item