IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV (Studi Multi Situs di MIS Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dan MIS Podorejo Sumbergempol Tulungagung)

ROHMAH IVANTRI, 2845134040 (2015) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV (Studi Multi Situs di MIS Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dan MIS Podorejo Sumbergempol Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
executive summary.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover If.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Implementasi Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV (Studi Multi Situs di MIS Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dan MIS Podorejo Sumbergempol Tulungagung)” ini ditulis oleh Rohmah Ivantri dibimbing oleh Dr. Hasyim Nawawi, SH. M.Si. dan Dr. Eni Setyowati, M.Pd. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika yang merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan dianggap pelajaran yang sulit bagi anak SD/MI. Khusussnya pada soal cerita anak-anak cenderung mengalami kesulitan mengubah soal matematika ke kalimat matematika. Karena tingkat kecerdasan bahasa anak mempengaruhi pemahaman dalam soal. Sehingga guru sebagai pendidik di kelas harus bisa mengambil langkah untuk menuntaskan hal tersebut. salah satu strategi Matematika yang dapat dilakukan guru adalah memilih dan menerapkan metode problem solving di kelas. Dengan begitu siswa juga akan mudah memahami materi dalam bentuk soal cerita maupun tidak. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran matematika kelas 4 di MIS Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dan MIS Podorejo Sumbergempol Tulungagung terhadap hasil belajar siswa?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran matematika kelas 4 di MIS Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dan MIS Podorejo Sumbergempol Tulungagung terhadap hasil belajar siswa?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran matematika kelas 4 di MIS Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dan MIS Podorejo Sumbergempol Tulungagung terhadap hasil belajar siswa?. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) dalam hal perencanaan di kedua sekolah guru kelas 4 melakukan perencanaan sebelum melakukan proses pembelajaran dan juga di kedua sekolah menyiapkan materi ajar sebelum melakukan proses pembelajaran, serta di MIS Hidayatul Mubtadiin guru kelas 4 membuat tugas individu dan diskusi, sedangkan di MIS podorejo guru kelas 4 hanya membuat tugas diskusi; (2) xvii dalam hal pelaksanaan kedua lembaga pendidikan tersebut sama-sama menerapkan metode problem solving yang sudah sesuai prosedur, kedua sekolah juga sama-sama menggabungkan metode problem solving dengan metode lainnya dalam kegiatan pembelajaran, namun guru di MIS Hidayatul Mubtadiin siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tingkat kecerdasan berbeda sedangkan MIS Podorejo dibagi kelompok kecil hanya dengan teman sebangku, dan di MIS Hidayatul Mubtadiin suasana kelas kondusif sedangkan di MIS Podorejo suasana kelas agak ramai. Namun, di kedua sekolah diskusi berjalan lancar, serta di kedua sekolah guru kelas 4 bertindak sebagai fasilitator dan memberikan penguatan atau kesimpulan dari hasil diskusi; (3) dalam hal evaluasi penerapan metode problem solving dalam pembelajaran memiliki perbedaan di MIS Hidayatul Mubtadiin evaluasi dilakukan dengan memberikan tes tulis dan lisan, sedangkan di MIS Podorejo evaluasi dilakukan dalam bentuk tes tulis, tetapi evaluasi di kedua sekolah sama-sama dilakukan dengan meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya serta guru kelas 4 melakukan diskusi dengan teman sejawat

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: M.Pd.I 284514040 Rohmah Ivantri
Date Deposited: 23 Dec 2015 04:41
Last Modified: 23 Dec 2015 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3113

Actions (login required)

View Item View Item