STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi pada UMKM Rengginang Dua Mawar di Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri)

NUR NIKMATUL ISLAMIAH, 12405183237 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi pada UMKM Rengginang Dua Mawar di Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pegembangan Produk dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada UMKM Rengginang Dua Mawar di Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri)” ini ditulis oleh Nur Nikmatul Islamiah, NIM. 12405183237, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan usaha yang sangat ketat saat ini, sehingga bagi suatu perusahaan harus melakukan suatu strategi agar dapat meningkatkan penjualannya, salah satunya yaitu strategi pengembangan produk. Setiap perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualannya memerlukan inovasi produk ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan daya tarik kepada konsumen. Dengan melakukan pengembangan produk maka peluang suatu perusahaan untuk mendapatkan konsumen akan semakin bertambah, apabila konsumen bertambah maka dapat dipastikan penjualan juga akan semakin meningkat. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan pada UMKM Rengginang Dua Mawar? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan produk UMKM Rengginang Dua Mawar? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data deskriptif merupakan data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) strategi pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan pada UMKM Rengginang Dua Mawar yaitu dengan meningkatkan kualitas produk, melakukan inovasi produk, menyempurnakan produk yang sudah ada, dan kemasan produk yang menarik. Dalam melakukan strategi pengembangan produk tersebut UMKM Rengginang Dua Mawar telah menerapkan 8 tahapan-tahapan pengembangan produk yakni pemunculan gagasan, penyaringan gagasan, pengujian dan pengembangan konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar, dan komersialisasi. (2) faktor pendukung dalam pengembangan produk yaitu bahan baku produk yang mudah didapatkan, jangkauan pemasaran yang luas, dan produk sudah memiliki nomor P-IRT. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu permasalahan modal, faktor cuaca dan dari produksi yang dilakukan masih menggunakan alat sederhana. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk, Volume Penjualan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183237 NUR NIKMATUL ISLAMIAH
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:17
Last Modified: 21 Oct 2022 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31230

Actions (login required)

View Item View Item