LAILATUL HIDAYAH, 12211183018 (2022) PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP AKTIVITAS DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI TEKANAN ZAT PADAT KELAS VIII MTs AL-MANAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (858kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (479kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Metode Peta Konsep Terhadap Aktivitas dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Materi Tekanan Zat Padat Kelas VIII MTs Al-Manar” yang ditulis oleh Lailatul Hidayah, NIM. 12211183018, Progam Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Desyana Olenka M., M.Si. Kata Kunci: Metode Peta Konsep, Aktivitas, dan Kompetensi Pengetahuan Salah satu hal yang menjadi faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran ialah guru masih kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang dorongan dalam belajar IPA. Dengan metode peta konsep dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam keikut sertaan pembelajaran, materi pelajaran juga akan lebih mudah diingat dan dipahami, hal itu membuat kompetensi pengetahuan siswa menjadi tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh positif dari penerapan metode peta konsep terhadap aktivitas, (2) Untuk mengetahui pengaruh positif dari penerapan metode peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan, (3) Untuk mengetahui pengaruh positif dari penerapan metode peta konsep terhadap aktivitas dan kompetensi pengetahuan siswa pada materi tekanan zat padat kelas VIII MTs Al-Manar. Desain penelitian ini menggunakan True Experiments dengan bentuk PrettestPosttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Manar. Sementara itu sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang menghasilkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi, wawancara tidak terstruktur dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah uji anova dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif penerapan metode peta konsep terhadap aktivitas. Dibuktikan dengan nilai hasil uji anova yaitu 0,011<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Terdapat pengaruh positif penerapan metode peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan siswa. Dibuktikan dengan nilai hasil uji anova yaitu 0,002<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Terdapat pengaruh positif penerapan metode peta konsep terhadap aktivitas dan kompetensi pengetahuan siswa. Dibuktikan dengan nilai hasil uji manova yaitu 0,0011<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183018 Lailatul Hidayah |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 07:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 07:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31235 |
Actions (login required)
View Item |