WAHYU WULAN NIKMATULLAILI, 12204183208 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN KELAS VII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Gaya Belajar, Perbandingan Pemahaman konsep menjadi dasar yang harus dimiliki siswa agar mencapai tujuan pembelajaran matematika. Berdasarkan situasi dan kondisi dalam pembelajaran matematika yaitu masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep. Salah satu aspek yang mempengarui kemampuan pemahaman konsep adalah gaya belajar. Gaya belajar setiap siswa idealnya menjadi dasar pertimbangan guru dalam memilih strategi untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs AL Huda Bandung Tulungagung ditinjau dari 3 gaya belajar yang berbeda, yaitu: (1) gaya belajar visual, (2) gaya belajar auditori, dan (3) gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal perbandingan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Huda Bandung yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII-C yang berjumlah 18 siswa. Sebanyak 6 siswa dipilih sebagai subjek penelitian yang mewakili 3 gaya belajar yang berbeda, yaitu: 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditori, serta 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Selanjutnya peneliti menganalisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari gaya belajar dalam menyelesaikan soal perbandingan menunjukan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi 4 dari 5 indikator kemampuan pemahaman konsep. (2) Siswa dengan gaya belajar auditori memenehui semua indikator kemampuan pemahaman konsep. (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki sedikit perbedaan pada kedua subjek, yaitu untuk subjek DDM memenehui 4 dari 5 indikator kemampuan pemahaman konsep, sedangkan subjek RCT memenuhi 3 indikator dari 5 indikator kemampuan pemahaman konsep
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204183208 WAHYU WULAN NIKMATULLAIL |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:37 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31241 |
Actions (login required)
View Item |