ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN KELAS VII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

WAHYU WULAN NIKMATULLAILI, 12204183208 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN KELAS VII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Gaya Belajar, Perbandingan Pemahaman konsep menjadi dasar yang harus dimiliki siswa agar mencapai tujuan pembelajaran matematika. Berdasarkan situasi dan kondisi dalam pembelajaran matematika yaitu masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep. Salah satu aspek yang mempengarui kemampuan pemahaman konsep adalah gaya belajar. Gaya belajar setiap siswa idealnya menjadi dasar pertimbangan guru dalam memilih strategi untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs AL Huda Bandung Tulungagung ditinjau dari 3 gaya belajar yang berbeda, yaitu: (1) gaya belajar visual, (2) gaya belajar auditori, dan (3) gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal perbandingan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Huda Bandung yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII-C yang berjumlah 18 siswa. Sebanyak 6 siswa dipilih sebagai subjek penelitian yang mewakili 3 gaya belajar yang berbeda, yaitu: 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditori, serta 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Selanjutnya peneliti menganalisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari gaya belajar dalam menyelesaikan soal perbandingan menunjukan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi 4 dari 5 indikator kemampuan pemahaman konsep. (2) Siswa dengan gaya belajar auditori memenehui semua indikator kemampuan pemahaman konsep. (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki sedikit perbedaan pada kedua subjek, yaitu untuk subjek DDM memenehui 4 dari 5 indikator kemampuan pemahaman konsep, sedangkan subjek RCT memenuhi 3 indikator dari 5 indikator kemampuan pemahaman konsep

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183208 WAHYU WULAN NIKMATULLAIL
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:37
Last Modified: 30 Dec 2022 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31241

Actions (login required)

View Item View Item