SITI MUKAROMAH, 12506194025 (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Study Multisitus di SMAN I Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK SITI MUKAROMAH,S.Pd.I, Dosen Pembimbing Prof. Dr.H.Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik ( Studi Multisitus di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek ) Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Karakter di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek . Pendidikan Agama Islam adalah upaya secara sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertaqwa, berakhlakul mulia, mengamalkan ajaran agama Islam yang bersumber dari kitab suci Al-Qur’an dan Al-Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. Sehingga dapat menanamkan nilai – nilai karakter kebaikan yang diharapakan oleh bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat serta leluhur bangsa Indonesi. Fokus penelitian dalam Tesis ini adalah (1). Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek ? (2). Bagaimana Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi, dokumentasi serta wawancara. . Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek : (1) Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek , di SMAN 1 Trenggalek menggunakan pendekatan ilmiah ( scientific approach ), yaitu: mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, mengkomunikasikan, siswa lebih berperan aktif, di SMAN 2 Trenggalek menekankan pada aspek pencapaian materi serta penanaman nilai – nilai karakter melalui materi tersebut, guru lebih berperan aktif. (2) Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek , Terdapat perbedaan,di SMAN 1 Trenggalek menekankan pada peran aktif siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan ilmiah (scientific approach), yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan, dan di SMAN 2 Trenggalek lebih menekankan pada pemahaman materi serta penanaman nilai – nilai karakter pada materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506194025 SITI MUKAROMAH |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 02:04 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 02:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31283 |
Actions (login required)
View Item |