PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Study Multisitus di SMAN I Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek)

SITI MUKAROMAH, 12506194025 (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Study Multisitus di SMAN I Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SITI MUKAROMAH,S.Pd.I, Dosen Pembimbing Prof. Dr.H.Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik ( Studi Multisitus di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek ) Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Karakter di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek . Pendidikan Agama Islam adalah upaya secara sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertaqwa, berakhlakul mulia, mengamalkan ajaran agama Islam yang bersumber dari kitab suci Al-Qur’an dan Al-Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. Sehingga dapat menanamkan nilai – nilai karakter kebaikan yang diharapakan oleh bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat serta leluhur bangsa Indonesi. Fokus penelitian dalam Tesis ini adalah (1). Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek ? (2). Bagaimana Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi, dokumentasi serta wawancara. . Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek : (1) Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek , di SMAN 1 Trenggalek menggunakan pendekatan ilmiah ( scientific approach ), yaitu: mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, mengkomunikasikan, siswa lebih berperan aktif, di SMAN 2 Trenggalek menekankan pada aspek pencapaian materi serta penanaman nilai – nilai karakter melalui materi tersebut, guru lebih berperan aktif. (2) Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Dalam membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek , Terdapat perbedaan,di SMAN 1 Trenggalek menekankan pada peran aktif siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan ilmiah (scientific approach), yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan, dan di SMAN 2 Trenggalek lebih menekankan pada pemahaman materi serta penanaman nilai – nilai karakter pada materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194025 SITI MUKAROMAH
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:04
Last Modified: 26 Oct 2022 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31283

Actions (login required)

View Item View Item