PREFERENSI MASYARAKAT NGANJUK TERHADAP BANK MUAMALAT

RATNA LUTHFIYATUL HANIFAH, 12401183127 (2022) PREFERENSI MASYARAKAT NGANJUK TERHADAP BANK MUAMALAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (403kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Preferensi Masyarakat Nganjuk Terhadap Bank Muamalat” ini ditulis oleh Ratna Luthfiyatul Hanifah, NIM 12401183127, Program Studi Perbankan Syariah, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Iffatin Nur, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh issue yang beredar bahwa Bank Muamalat pada tahun 2018an sempat mengalami masa sulit dimana di issuekan mengalami kebangkrutan dan akan mengalami keruntuhan. Hal tersebut disebabkan karena Bank Muamalat mengalami kesulitan permodalan ditengah kondisi tingginya non performing financing (NPF) atau pendanaan bermasalah akibat kredit macet, agar dapat mengetahui minat masyarakat bertransaksi menggunakan Bank Muamalat di tengah issue yang marak beredar maka diperlukan adanya preferensi untuk membuktikan bahwa Bank Muamalat hingga saat ini masih ada dan mampu bangkit dari permasalah yang pernah dialami. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kecenderungan Masyarakat Nganjuk Terhadap Bank Muamalat. 2) Bagaimana Prioritas Pilihan Masyarakat Nganjuk Terhadap Bank Muamalat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 3 tahapan yaitu reduksi data,penyajian data,dan juga kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan peneliti dan pendiskusian teman sejawat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) Kecenderungan masyarakat Nganjuk Terhadap Bank Muamalat didasari oleh rasa ingin bertransaksi sesuai dengan syariah. Masyarakat merasa lebih menyukai transaksi tanpa adanya riba karena dianggap bahwa transaksi yang mereka lakukan telah sesuai dengan hukum syariah. 2) Bagi masyarakat yang sering melakukan layanan dalam jaringan MDIN merasakan prioritas pilihan yang dianggap menguntungkan karena mempermudah dalam setiap transaksi dan dianggap lebih praktis dan aman. Masyarakat yang pernah mengalami kendala dalam layanan MDIN juga mendapat perbaikan layanan yang cukup mudah dan cepat. Masyarakat merasa stardar pelayanan yang diberikan oleh Bank Muamalat mampu mengiringi kemajuan zaman dan telah setara seperti bank pada umumnya. Kata Kunci : Preferensi, Masyarakat, Bank Muamalat

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401183127 Ratna Luthfiyatul Hanifah
Date Deposited: 06 Nov 2022 06:56
Last Modified: 06 Nov 2022 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31368

Actions (login required)

View Item View Item