AYU DWI RATNASARI, 17204153225 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN GENDER DALAM MATERI PYTHAGORAS KELAS VIII A SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Pythagoras Kelas VIII A SMPN 2 Sumbergempol yang ditulis oleh Ayu Dwi Ratnasari, NIM. 17204153225, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan, Masalah Matematika, Gender Pemahaman matematika merupakan kunci untuk memaksimalkan hasil belajar matematika. Namun hal ini belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kemampuan matematika. Untuk mengetahui pemahaman matematika siswa dapat diukur dengan uji kemampuan pemecahan masalah. Sehingga hasilnya dapat digunakan untuk evaluasi guna meningkatkan pemahaman matematika. Dengan ini, dapat diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang baik yaitu siswa yang mampu menyimpulakan suatu masalah dengan keyakinan dan kepercayaaan diri yang baik. Matematika dengan bidang ilmu yang lain, dan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan pada materi Pythagoras kelas VIII A SMPN 2 Sumbergempol. (2) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa laki-laki pada materi Pythagoras kelas VIII A SMPN 2 Sumbergempol. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrument tes, wawancara dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari jawaban tertulis siswa. sedangkan wawancara untuk memperkuat alasan dari jawaban tes siswa. Dan dokumentasi untuk membantu melengkapi dari proses penelitian yang dilakukan. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam materi Pythagoras kelas VIII. Subjek perempuan berada pada tahap 3-5 artinya bahwa siswa berada antara dalam proses mengembangkan hipotesis hingga siswa mampu memilih hipotesis terbaik dalam pemecahan masalah. Untuk Subyek Laki-laki berada pada tingkat ke 2-5, yang mana bisa di lihat siswa masih dalam tahap memahami soal, hingga siswa mampu mengembangkan hipotesis sampai dengan tahap pengambilan hipotesis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika > Geometri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153225 AYU DWI RATNASARI |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 04:08 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31513 |
Actions (login required)
View Item |