IMPLEMENTASI MOBILE BANKING PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK DALAM PENINGKATAN PELAYANAN NASABAH SELAMA PANDEMI COVID-19 (Study kasus pada Muamalat-DIN PT. Bank Muamalat Indonesia TBK Kantor Cabang Pembantu Tulungagung)”

HILDA UNI MATUL KIBTIYAH, 12401183041 (2022) IMPLEMENTASI MOBILE BANKING PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK DALAM PENINGKATAN PELAYANAN NASABAH SELAMA PANDEMI COVID-19 (Study kasus pada Muamalat-DIN PT. Bank Muamalat Indonesia TBK Kantor Cabang Pembantu Tulungagung)”. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi mobile banking PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk dalam peningkatan pelayanan nasabah selama pandemi COVID-19 (Study kasus pada Muamalat-DIN PT. Bank Muamalat Indonesia TBK Kantor Cabang Pembantu Tulungagung)” oleh Hilda Uni Matul Kibtiyah, NIM 12401183041, dibimbing oleh Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang berdampak pada pertumbuhan perekonomian dan berpengaruh pada sektor perbankan baik bank konvensional maupun bank syariah di Indonesia. Perkembangan teknologi kini menuntut semua layanan dilakukan dengan menggunakan komputerisasi atau menggunakan layanan internet. Dengan layanan digital ini tentunya diterapkan juga oleh Bank Muamalat Indonesia yaitu dengan penerapan mobile banking Muamalat-DIN yang merupakan aplikasi mobile banking diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan kinerja dan menjadikan pekerjaan lebih mudah. Dengan adanya Mobile Banking kini penggunaan aplikasi keuangan dapat memudahkan pelayanan nasabah apalagi di musim pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. dengan pendekatan study kasus.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Dokumentasi dan hasil wawancara oleh informan menjadi sumber data pendukung dan pelengkap dalam penelitian peneliti. Adapun rumusan masalah yang peneliti angkat yaitu (1)Bagaimana fitur Muamalat Digital Islamic Network (M-DIN) pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor cabang pembantu Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi aplikasi Muamalat Digital Islamic Network (M-DIN) terhadap perkembangan dan peningkatan pelayanan bank selama pandemi COVID-19 pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor cabang pembantu Tulungagung? (3) Bagaimana kelebihan dan kekurangan Muamalat Digital Islamic Network (M-DIN)? Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Fitur teknologi mobile banking pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Tulungagung dikembangkan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Adapun fitur ciri khas dari M- DIN selain fitur transaksi adalah konten islami. Fitur-fitur yang ada pada Muamalat Digital Islamic Network (DIN) yang dimana berisi sebagai berikut: Beranda, Bayar dan isi ulang, QRIS, Transfer dana. (2) Pada saat terjangkitnya pandemi COVID-19 aplikasi ini sangat membantu nasabah dalam melakukan segala macam transaksi, hal tersebut memudahkan nasabah karena tidak harus mengantre pada kantor operasional perbankan. (3) Antara lain kelebihan yang dimiliki oleh M-DIN yaitu:Fitur yang dimiliki lebih kekinian, modern, modis, dan islami, Aplikasi M-DIN sangan ringan sehingga tidak memakan banyak tempat dari pada aplikasi mobile banking lainnya. Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi M-DIN meliputi: Aplikasi hanya dapat di install dan digunakan pada smartphone yang standardisasi tertentu, Aplikasi mudah eror apabila jaringan internet yang digunakan tidak stabil. Kata kunci : Mobile Banking, Peningkatan pelayanan, COVID-19.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: HILDA 12401183041 HILDA UNI MATUL KIBTIYAH
Date Deposited: 22 Nov 2022 07:16
Last Modified: 22 Nov 2022 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31518

Actions (login required)

View Item View Item