MELANI YUSTIANA, NIM. 12204183198 (2022) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah sebuah fenomena tentang perbedaan gaya belajar dapat mempengaruhi kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Dalam hal ini, peneliti mengungkapkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMPN 2 Kademangan yang ditinjau berdasarkan gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal himpunan ditinjau dari gaya belajar visual, 2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal himpunan ditinjau dari gaya belajar auditorial, 3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal himpunan ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Kademangan yang diikuti oleh siswa kelas VII-G dan VII-H yang berjumlah 57 siswa. Dari 57 siswa dipilih 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa bergaya belajar visual, 2 siswa bergaya belajar auditorial, 2 siswa bergaya belajar kinestetik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan bergaya belajar visual kelas VII di SMPN 2 Kademangan sangat baik, siswa mampu memenuhi keempat indikator kemampuan penalaran matematis yaitu melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti terhadap kebanaran solusi, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argument, 2) Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan bergaya belajar auditorial kelas VII di SMPN 2 Kademangan baik, siswa mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argument, 3) Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan bergaya belajar kinestetik kelas VII di SMPN 2 Kademangan baik, siswa mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argument. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Himpunan, Gaya Belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183198 Melani Yustiana |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 10:08 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 10:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31525 |
Actions (login required)
View Item |