KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 2 KADEMANGAN

MELANI YUSTIANA, NIM. 12204183198 (2022) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebuah fenomena tentang perbedaan gaya belajar dapat mempengaruhi kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Dalam hal ini, peneliti mengungkapkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMPN 2 Kademangan yang ditinjau berdasarkan gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal himpunan ditinjau dari gaya belajar visual, 2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal himpunan ditinjau dari gaya belajar auditorial, 3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal himpunan ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Kademangan yang diikuti oleh siswa kelas VII-G dan VII-H yang berjumlah 57 siswa. Dari 57 siswa dipilih 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa bergaya belajar visual, 2 siswa bergaya belajar auditorial, 2 siswa bergaya belajar kinestetik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan bergaya belajar visual kelas VII di SMPN 2 Kademangan sangat baik, siswa mampu memenuhi keempat indikator kemampuan penalaran matematis yaitu melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti terhadap kebanaran solusi, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argument, 2) Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan bergaya belajar auditorial kelas VII di SMPN 2 Kademangan baik, siswa mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argument, 3) Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan bergaya belajar kinestetik kelas VII di SMPN 2 Kademangan baik, siswa mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argument. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Himpunan, Gaya Belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183198 Melani Yustiana
Date Deposited: 22 Nov 2022 10:08
Last Modified: 22 Nov 2022 10:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31525

Actions (login required)

View Item View Item