EFEKTIVITAS METODE CERAMAH DENGAN MULTI MEDIA DAN METODE CERAMAH TANPA MULTI MEDIA TERHADAP PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SE KECAMATAN RINGINREJO KAB. KEDIRI

JUNAIRI, 2845134025 (2016) EFEKTIVITAS METODE CERAMAH DENGAN MULTI MEDIA DAN METODE CERAMAH TANPA MULTI MEDIA TERHADAP PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SE KECAMATAN RINGINREJO KAB. KEDIRI. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “ Efektivitas Metode ceramah Dengan Multi Media Dan Metode Ceramah Tanpa MultiMedia Terhadap Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se Kecamatan Ringinreo Kab. Kediri” ini ditulis oleh Junairi dengan dibimbing oleh Dr. Akhyak, M.Ag dan Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode ceramah dengan multi media, hasil belajar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran perlu pemilihan metode yang tepat.Pemilihan metode yang tepat menentukan keberhasilan kegiatan belajar mengajar.Pada kenyataannya di lapangan sebagian besar guru IPS dalam menyampaikan materi pelajaran hanya menyampaikan fakta-fakta sejarah dengan menggunakan media ceramah saja dantanpa menggunakan media pembelajaran, sehingga pembelajaran IPS terasa membosankan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian tesis ini adalah adakah Efektivitas pembelajaran antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah biasa dan yang mendapatkanpembelajaran IPS dengan metode ceramah yang disertai multi media pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) sekecamatan Ringinrejo Kab. Kediri . Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimanakah deskripsi metode ceramah dengan multi media, ceramah tanpa multi media dan pembelajaran IPS pada MI se Kecamatan Ringinrejo Kab. Kediri ? 2)Bagaimanakah efektivitas metode cermah dengan multi media terhadap pembelajaran IPS pada hasil belajar siswa klas V MI se Kecamatan Ringinrejo Kab. Kediri ? 3)Bagaimanakah efektivitas metode ceramah tanpa multi media terhadap pembelajaran IPS pada hasil belajar siswa klas V MI se Kecamatan Ringinrejo Kab. Kediri ? 4)Variabel mana yang efektivitasnya lebih kuat antara metode ceramah dengan multimedia dan metode ceramah tanpa multi media terhadap hasil pembelajaran IPS kelas V di MI se Kecamatan Ringinrejo Kab. Kediri ? Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik samplingnya menggunakan simple Random Sampling yaitu mengambil tiga kelas, secara acak dari populasi. Untuk menyamakan kondisi awal dilakukan uji homogenitas nilai populasi. Populasi yang digunakan adalah kelas V MI di kecamatan Ringinrejo Kab, Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan sampelnya adalah MI Raden Fatah Selorejo sebagai kelompok uji coba sebanyak 26 siswa, MI Al Huda Kalilanang untuk kelompok kontrol sebanyak 29 siswa dan MI Hidayatul Ulum untuk kelompok eksperimen sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menyebutkan 1) Metode ceramah adalah metode memberikan uraian atau penjelasan kepada sejumlah murid pada waktu dan tempat tertentu. Metode ceramah dengan multimedia adalah metode ceramah dengan menggunakan dan memanfaatkan komputer dengan menggabungkan teks grafik, gambar bergerak ( video dan animasi ) dalam pembelajaran dengan tujuan untuk memperjelas materi yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran IPS adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar terutama dalam pelajaran IPS. 2) Ada efektifititas yang signifikan pada kelas ceramah dengan multi media di MI Se Kecamatan Ringinrejo Kab. Kediri dapat dilihat pada hasil nilai pre tes dan post tes . Nilai pre tes hasil belajar Kelas Ceramah Dengan Multi Media memiliki rata-rata 65,0. Nilai tertinggi 90, nilai terendah 50 . Nilai pos tes hasil belajar Kelas Ceramah Dengan Multi Media memiliki rata-rata 77,5. Simpangan baku 14,1. Nilai tertinggi 100, nilai terendah 60 dengan jumlah sampel yang sama yaitu 20 siswa. 3) Ada efektifititas pada kelas ceramah tanpa multi media di MI Se Kecamatan Ringinrejo Kab. Kediri dapat dilihat pada hasil nilai pre tes dan post tes. Nilai pre tes hasil belajar Kelas Ceramah Dengan Multi Media memiliki rata-rata 60,8. Nilai tertinggi 90, nilai terendah 10. Nilai pos tes hasil belajar Kelas Ceramah Tanpa Multi Media memiliki rata- rata 64,8. Simpangan baku 29,5. Nilai tertinggi 100, nilai terendah 10 dengan jumlah sampel sebanyak 29 siswa. 4) Kelas Ceramah Dengan Multi Media efektifitasnya lebih kuat dibandingkan dengan hasil belajar siswa Kelas Ceramah Tanpa Multi Media. Dengan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan Metode Ceramah Dengan Multi Media dengan siswa yang mendapat pembelajaran dengan Metode Ceramah Tanpa Multi Media. Hasil uji t Independent Samples Test mengenai hasil belajar Kelas Ceramah Dengan Multi Mediadan Kelas Ceramah Tanpa Multi Media. Dari perhitungan SPSS 17 diperoleh t hitung untuk Kelas Ceramah Dengan Multi Media dan Kelas Ceramah Tanpa Multi Media sebesar 2,18. Bandingkan t hitung dengan t tabel, taraf signifikansi menggunakan 0,05 (confidence interval 95 %) df 47 diperoleh t tabel sebesar 1,69. Karena t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan secara otomatis Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara Kelas Ceramah Dengan Multi Media dengan Kelas Ceramah Tanpa Multi Media pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2845134025 Junairi
Date Deposited: 11 Feb 2016 06:47
Last Modified: 11 Feb 2016 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3155

Actions (login required)

View Item View Item