تنفيذ سلوكيات الدارس (PANCASILA) في تعليم اللغة العربية لطلاب الصف الثامن باالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة كديري

MIRTANILA NISWA ADILA, 12202183108 (2022) تنفيذ سلوكيات الدارس (PANCASILA) في تعليم اللغة العربية لطلاب الصف الثامن باالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة كديري. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

Latar Belakang: Peran Pendidikan bagi masyarakat itu penting, diantaranya untuk meningkatkan potensi dan kompetensi, membangun karakter bangsa yang memiliki martabat, adab, yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga, masalah pendidikan tidak hanya berkaitan dengan kompetensi belajar, tetapi juga pembentukan karakter. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di sekolah MTsN 3 Kota Kediri. Fokus Penelitian: 1.) Bagaimana perencanaan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri?, 2.) Bagaimana penerapan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri?, 3.) Apa kelebihan dan kekurangan penerapan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri?, 4.) Apa kekurangan penerapan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri?. Tujuan Penelitian: 1.) untuk mengetahui perencanaan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri, 2.) untuk mengetahui penerapan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri, 3.) untuk mengetahui kelebihan penerapan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri?, 4.) untuk mengetahui kekurangan penerapan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri. Metode Penelitian: 1.) Pola Penelitian: deskriptif-kualitatif. 2.) Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. 3.) Metode analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. 4.) Pengecekan keabsahan data: triangulasi Hasil Penelitian: 1) Perencanaan Karakteristik Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di sekolah di MTsN 3 Kota Kediri ada 3: a) Guru membedakan materi pada pembelajaran bahasa Arab, b) Materi qiro’ah diprogram untuk membentuk karakter gotong royong dengan metode kerja kelompok, c) Materi kalam diprogram untuk membentuk karakter mandiri dengan metode menghafal mufrodat, dan d) Materi kitabah diprogram untuk membentuk karakter kreatif dengan metode imla’.2) Penerapan Karakteristik Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Arab terhadap siswa kelas VIII di sekolah MTsN 3 Kota Kediri, pada masing-masing Penerapan Karakteristik Pelajar Pancasila ada langkah-langkah: a) Gotong royong, Guru membentuk kelompok di dalam kelas, setiap kelompok terdiri dari 5 siswa, Guru membagikan teks qiro’ah, lalu diartikan, Guru memberi penilaian kepada siswa secara kelompok, b) Mandiri, Guru menjelaskan materi mufrodat terkait hobi, Guru memberi tugas menghafal delapan mufrodat, dan Guru meminta siswa secara individu maju hafalan untuk mendapatkan penilaian., dan c) kreatif, Guru membaca teks dengan kecepatan sedang, Guru mengucapkan satu penggalan dua kali, kemudian siswa menulisnya, Siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru untu mendapat penilaian. 3) Kelebihan penerapan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu: a) Gotong royong, menguatkan sikap tolong menolong dalam menyelesaikan tugas, b) Mandiri, meningkatkan sikap tanggung jawab dan disiplin terhadap siswa, dan c) Kreatif, melatih siswa untuk mengembangkan kreatifitas dengan kemampuan menulis yang baik, benar, dan teliti. 4) Kekurangan penerapan karakteristik pelajar Pancasila dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu : a) gotong royong beberapa siswa hanya mengandalkan siswa lain dalam menyelesaikan tugas kelompok, b) mandiri terdapat siswa yang masih kesulitan dalam menghafal, dan c) kreatif terdapat beberapa siswa yang masih belum menyelesaikan tugas materi kitabah dengan teliti. Kata Kunci: Karakteristik, Pelajar Pancasila, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mirtanila Niswa Adila
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:03
Last Modified: 28 Nov 2022 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31552

Actions (login required)

View Item View Item