DESTIANA RACHMAWATI, 12204183249 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk Kelas VII SMP Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Destiana Rachmawati, NIM. 12204183249, pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci : Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa belum maksimal dalam memahami materi Matematika dengan model pembelajaran saat ini yaitu menggunakan buku paket. Kegiatan pembelajaran yang monoton tersebut cenderung mengakibatkan siswa merasa bosan. Permasalahan bertambah ketika pembelajaran dilakukan secara online, mengakibatkan minat belajar siswa berkurang dan menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan permasalahan yang muncul peneliti berusaha melakukan inovasi baru yaitu mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dikembangkannya suatu bahan ajar LKS berbasis kontekstual, dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Trenggalek pada mata pelajaran Matematika untuk melihat tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan bahan ajar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadopsi model 4-D Thiagarajan dan Semmel, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dessiminate). Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Matematika SMP Negeri 2 Trenggalek kelas VII. Data penelitian ini dapat diperoleh melalui angket validasi, lembar aktivitas siswa, lembar aktivitas guru, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) uji validasi media dan validasi materi dengan persentase 78,9% dan 76,6% termasuk dalam kategori valid, (2) uji kepraktisan dengan melakukan pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan persentase 77,7% dan 71,35% termasuk dalam kategori praktis, (3) uji keefektifan dengan melakukan Tes Hasil Belajar dan siswa diberikan Angket Respon Siswa dengan persentase 95% dan 82,14% termasuk dalam kategori efektif, sehingga Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan sebagai pendamping buku paket yang telah ada.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183249 DESTIANA RACHMAWATI |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 02:20 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 02:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31553 |
Actions (login required)
View Item |