PENGARUH KECUKUPAN MODAL, PROFITABILITAS, DAN EFISIENSI TERHADAP ZAKAT PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia)

ZIYANA WALIDAH, 128508203039 (2023) PENGARUH KECUKUPAN MODAL, PROFITABILITAS, DAN EFISIENSI TERHADAP ZAKAT PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Kecukupan Modal, Profitabilitas, dan Efisiensi terhadap Zakat Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Pada Bank Umum Syariah di Indonesia)” ini ditulis oleh Ziyana Walidah, NIM 128508203039, dengan dibimbing oleh Prof. Dr. Agus Eko Sujianto SE, MM dan Dr. Qomarul Huda, M.Ag Dari laporan keuangan yang telah disampaikan, dengan menganalisis rasio keuangan yang terdiri dari risiko permodalan yang diproksikan dengan Capital Adequacy Ratio (CAR), profitabilitas yang diproksikan Return Of Assets (ROA), efisiensi yang diproksikan Beban/ Pendapatan kemudian dibantu oleh ukuran perusahaan. bahwa tidak semua perbankan syariah di Indonesia menunaikan kewajibannya dalam pembayaran zakat perusahaannya. Hal ini dinilai dengan posisi perbankan syariah sangat esensial, dan menjadi contoh yang baik bagi perusahaan dalam mengeluarkan zakat agar dapat membantu kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini tentang (1) bagaimana pengaruh CAR terhadap zakat perusahaan?; (2) bagaimana pengaruh ROA terhadap zakat perusahaan?; (3) bagaimana pengaruh BOPO terhadap zakat perusahaan (4) bagaimana pengaruh CAR terhadap zakat perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi?; (5) bagaimana pengaruh ROA terhadap zakat perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating; (6) bagaimana pengaruh BOPO terhadap zakat perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian menggunakan assosiatif. Tehnik sampling menggunakan purposive sampling, dengan data berjenis sekunder. Adapun sumber data menggunakan laporan tahunan perusahaan yang tercatat pada Otoritas Jasa Keuangan Periode 2011-2020. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) Deskriptif Statistik, (2) Model Uji; (3) Uji Asumsi Klasik, (4) Uji Hipotesis; (5) Analisis Regresi Moderasi. Alat bantu analisis yang diapliaksikan dalam penelitian ini adalah EViews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) CAR tidak berpengaruh signifikan terhadap zakat perusahaan (2) ROA berpengaruh signifikan terhadap zakat perusahaan (3) BOPO tidak berpengaruh signifikan terhadap zakat perusahaan (4) ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi CAR terhadap zakat perusahaan (5) ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi ROA terhadap zakat perusahaan; (6) ukuran perusahaan mampu memoderasi BOPO terhadap zakat perusahaan. Kata Kunci : CAR, ROA, BOPO, Zakat Perusahaan, Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 128508203039 Ziyana Walidah
Date Deposited: 15 Jun 2023 05:52
Last Modified: 15 Jun 2023 05:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31555

Actions (login required)

View Item View Item