KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS ADAB DALAM MENCETAK GENERASI YANG BERAKHLAK MULIA PERIODE 2021 (Studi Kasus Di Islamic Digital Boarding College [IDBC] Solo)

MUH. BAHRUL HUSNI, 128506203020 (2022) KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS ADAB DALAM MENCETAK GENERASI YANG BERAKHLAK MULIA PERIODE 2021 (Studi Kasus Di Islamic Digital Boarding College [IDBC] Solo). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)

Abstract

Tesis dengan Judul “Kurikulum Pendidikan Berbasis Adab Dalam Mencetak Generasi Yang Berakhlak Mulia di Islamic Digital Boarding College (IDBC) Solo” ini ditulis oleh Muh. Bahrul Husni dengan Pembimbing I. Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I. dan Pembimbing II. Prof. Dr. Mujamil, M.A. Kata Kunci: Pendidikan, Adab, Akhlak Mulia. Penelitian dilatarbelakangi dari akar masalah yang melanda negeri ini, yaitu krisis pendidikan yang karena adanya pergeseran pengertian pendidikan bahkan di tingkat pendidikan tinggi. dan itu berdampak pada rusaknya akhlak. sebab dari pendidikan lahirlah pemimpin, guru pekerja, politisi, pengusaha dan sebagainya. maka diperlukan pendidikan berbasis adab sebagaimana amanat konstitusi dan perlu dijadikan sebagai asas dalam pelaksanaan pendidikan islam dalam bentuk kurikulum, sebagaimana yang telah diterapkan di IDBC Solo. Hasilnya akan menjadikan generasi yang berakhlak mulia. Sehingga lulusanya mempunyai akidah yang kuat dan juga dapat mengikuti perkembangan tegnologi di era 4.1. Penelitian Tesis ini bertujuan untuk Merumuskan : (1) Tujuan kurikulum pendidikan berbasis adab dalam mencetak generasi berkahlak mulia di IDBC Solo. (2) Isi kurikulum pendidikan berbasis adab dalam mencetak generasi berakhlak mulia di IDBC Solo (3) Metode kurikulum pendidikan berbasis adab dalam mencetak generasi yang berakhlak mulia di IDBC Solo (4) Evaluasi kurikulum pendidikan berbasis adab dalam mencetak generasi berakhlak mulia di IDBC Solo Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data diawali dari kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Serta dalam pengecekan keabsahan datanya menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan kurikulum pendidikan berbasis adab di IDBC dirumuskan sesuai dengan tujuan yang dirumuskan dalam amanat UUD pendidikan tinggi yang mencakup didalamnya aspek keimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, ilmu pengetahuan, penelitian yang bermanfaat, dan siap menjalankan pengabdian demi kemaslahatan umat. (2) Isi kurikulum pendidikan berbasis adab di IDBC dirumuskan sesuai dengan hirarki dalam klasifikasi ilmu fardhu ‘ain dan fardhu kifayah, yang fardhu ‘ain terdapat dalam kompetensi da’I. kemudian fardhu kifayah terdapat dalam kompetensi technopreneur. Semua materi tadi tidak untuk pemisahan, tetapi diurutkan berdasarkan hirarki ilmu pengetahuan. (3) Metode kurikulum pendidikan berbasis adab di IDBC dirumuskan dengan menggunakan metode tadarruj, belajar kelompok, eksplorasi dan pengawalan. (4) Evaluasi kurikulum pendidikan berbasis adab di IDBC dirumuskan dalam berbagai bentuk evaluasi seperti ujian lisan, tertulis dan praktek, lebih mengutamakan adab dalam penilaian, dan penilaian ceklis mutabaah harian. Sehingga rumusan evaluasi pendidikan berbasis adab lebih komprehensif yang memadukan antara ilmu dan amal.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 128506203020 MUH. BAHRUL HUSNI
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:53
Last Modified: 02 Dec 2022 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31592

Actions (login required)

View Item View Item