PENGARUH DIGITALISASI, LABEL HALAL DAN PERSEPSI MAṢLAHAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN BISNIS SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG ANGKATAN TAHUN 2018

ISMA NAFI’AH, 12405183002 (2022) PENGARUH DIGITALISASI, LABEL HALAL DAN PERSEPSI MAṢLAHAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN BISNIS SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG ANGKATAN TAHUN 2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Digitalisasi, Label Halal dan Persepsi Maṣlahah Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan Tahun 2018”yang ditulis oleh Isma Nafi’ah, NIM. 12405183002, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Sri Eka Astutiningsih, S.E., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan manusia seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini tentunya semakin beragam mulai dari kebutuhan makanan hingga kebutuhan tempat tinggal.Tahun 2020, Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia sudah mengalami peningkatan, terdapat 42% UMKM Indonesia yang sudah menggunakan media digital. Artinya ada perubahan dari transaksi analog menjadi transaksi digital (digitalisasi). Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim yang tentunya berpotensi menjadi produsen dan konsumen makanan halal terbesar di dunia.Perilaku konsumen dalam islam bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan mempertimbangkan halal dan haram, dan bagaimana pola konsumsi tersebut dapat menciptakan maṣlahah bagi individu dan masyarakat.Semakin baik pemahaman yang dimiliki konsumen muslim mengenai agama membuat konsumen muslim semakin selektif dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh digitalisasi terhadap keputusan pembelian produk UMKM.2) Untuk menganalisis pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk UMKM.3) Untuk menganalisis pengaruh persepsi maṣlahah terhadap keputusan pembelian produk UMKM. 4) Untuk menganalisis pengaruh digitalisasi, label halal dan persepsi maslahah secara simultan terhadap keputusan pembelian produk UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang berjenis asosiasif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung angkatan 2018 yang pernah melakukan pembelian produk UMKM. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik nonprobabilitysampling dengan jenis purposive random sampling.Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) digitalisasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk UMKM. 2) label halal berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk UMKM . 3) persepsimaṣlahah berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk UMKM. 4) digitalisasi, label halal dan persepsi maslahah secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk UMKM dengan total pengaruh sebesar 55,7%. Kata kunci:Digitalisasi, label halal, persepsi maslahah, keputusan pembelian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183002 ISMA NAFI’AH
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:27
Last Modified: 09 Dec 2022 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31668

Actions (login required)

View Item View Item