WENING INDAH SARI, 12402173652 (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENJAGA EKSISTENSI PRODUK KAIN BATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI ANALISIS SWOT (Studi pada UD. Kain Batik Ibu Tie Poek Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran dalam Upaya Menjaga Eksistensi Produk Kain Batik pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Analisis SWOT (Studi Pada UD. Kain Batik Ibu Tie Poek Kabupaten Trenggalek)” ditulis oleh Wening Indah Sari, NIM 12402173652 Pembimbing Bapak Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi covid-19 mengakibatkan adanya penurunan dari segi produksi dan penjualan yang dialami oleh UD. Kain Batik Ibu Tie Poek. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada UD. Kain Batik Ibu Tie Poek. (2) bagaimana strategi pemasaran UD. Kain Batik Ibu Tie Poek dalam meningkatkan penjualan pada masa pandemi covid-19. (3) bagaimana efektifitas penggunaan strategi pemasaran yang dilakukan UD. Kain Batik Ibu Tie Poek terhadap eksistensi produk kain batik pada masa pandemi covid-19. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) faktor internal yang menjadi kekuatan UD. Kain Batik Ibu Tie Poek adalah usaha milik pribadi, produk yang berkualitas, harga yang terjangkau, motif yang beragam, bisa pesan motif sesuai selera konsumen, menyediakan kain dengan jenis pewarna alam, dan limbah yang dihasilkan dapat didaur ulang. Sedangkan kelemahan UD. Kain Batik Ibu Tie Poek adalah lokasi yang kurang strategis, kemasan yang sederhana dan tidak menarik, lilin yang sulit dibersihkan. Faktor eksternal yang menjadi peluang adalah sering di selenggarakan event-event pagelaran, pameran, perlombaan, bazar dan pelatihan edukasi, dan juga hubungan yang terjalin dengan baik dengan relasi-relasi usaha baik kedinasan maupun swasta. Sedangkan yang menjadi ancaman adalah pandemi covid-19, peraturan baru mengenai pakaian kerja dinas, trend pakaian motif tie die, dan persaingan usaha dengan produk batik bukan asli tulis dengan harga murah. (2) Strategi pemasaran yang digunakan oleh UD. Kain Batik Ibu Tie Poek adalah strategi SO yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan strategi agresif. (3) Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh UD. Kain Batik Ibu Tie Poek memiliki efektivitas dalam menjaga eksistensi produk kain batik terbukti dengan adanya peningkatan penjualan. Kata Kunci: Batik, SWOT, Pemasaran
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 12402173652 Wening Indah Sari |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 04:28 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 04:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31780 |
Actions (login required)
View Item |