STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN RAHN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DALAM PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH (Studi Kasus di BMT PETA dan BMT Muamalah Tulungagung)

IKA NUR MAHMUDAH, 12401183268 (2022) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN RAHN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DALAM PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH (Studi Kasus di BMT PETA dan BMT Muamalah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Pembiayaan Rahn Untuk Meningkatkan Jumlah Anggota Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus di BMT PETA dan BMT Muamalah Tulungagung)” ini ditulis oleh Ika Nur Mahmudah, NIM 12401183268, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Dr. Hj. Nur Fadhilah, S.H.I.,M.H. Rahn adalah pembiayaan yang bersifat fleksibel, persyaratannya sederhana, dan proses transaksi tidak membutuhkan waktu yang lama. Strategi pemasaran pembiayaan rahn untuk meningkatkan jumlah anggota BMT menjadi isu yang menarik untuk dikaji dengan menggunakan perspektif marketing syariah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran pembiayaan rahn untuk meningkatkan jumlah anggota di BMT PETA dan BMT Muamalah Tulungagung? 2) Bagaimana strategi pemasaran pembiayaan rahn untuk meningkatkan jumlah anggota di BMT PETA dan BMT Muamalah Tulungagung dalam perspektif marketing syariah? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran pembiayaan rahn untuk meningkatkan jumlah anggota di BMT PETA dan BMT Muamalah Tulungagung terdiri dari segmentasi, targetting, dan positioning. BMT PETA menerapkan segmentasi berdasarkan demografi dan usia. Sedangkan BMT Muamalah memilih segmen demografis kelas sosial menengah ke bawah sesuai dengan visi misinya sebagai lembaga keuangan dengan gerakan pembebasan anggota dan masyarakat dari belenggu rentenir, kemiskinan dan ekonomi ribawi. Dalam targetting, BMT PETA memilih target masyarakat dengan kelas sosial menengah ke bawah yang sebagian besar berprofesi sebagai pedagang dan pengusaha. BMT Muamalah menargetkan masyarakat yang memiliki usaha perdagangan, perikanan, peternakan, dan para petani. Dalam hal positioning, BMT PETA menonjolkan citra produk yang dimiliki dan mengutamakan pelayanan kepada nasabah dengan baik dan ramah untuk menarik minat calon anggota. Sedangkan BMT Muamalah memberikan edukasi mengenai produknya kepada calon anggota. 2) Dalam perspektif marketing syariah, strategi pemasaran pembiayaan rahn untuk meningkatkan jumlah anggota di BMT PETA dan BMT Muamalah Tulungagung sejalan dengan karakter teistis, etis, realistis dan humanistis. Kata Kunci: marketing syariah, rahn, strategi pemasaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Laporan Keuangan
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Uang
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401183268 IKA NUR MAHMUDAH
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:03
Last Modified: 19 Dec 2022 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31783

Actions (login required)

View Item View Item