PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

SITI JANATUL KHUSNA, 12210183013 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar yang memuat materi menulis teks laporan hasil observasi secara spesifik sangat dibutuhkan siswa kelas VII SMP/MTs. Bahan ajar yang baik didesain dengan kontekstual dan mutakhir. Model Project Based Learning merupakan salah satu konteks yang menjadi pokok bahasan mutakhir. Integrasi dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi penting dilakukan agar siswa dapat belajar secara kontekstual, baik individu maupun kelompok yang harapannya siswa dapat sepenuhnya terlibat dalam hal perencanaan, pelaksanaan, penemuan fakta, pengumpulan data, dan pemecahan masalah dalam kegiatan pembelajaran. Akan tetapi, bahan ajar yang memperhatikan model di dalam bahan ajar tergolong langka. Dengan dimikian, perlu adanya inovasi terhadap bahan ajar sebelumnya menjadi bahan ajar yang spesifik, yakni bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis model Project Based Learning (PjBL). Untuk mewujudkan hal tersebut, penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan (1) menghasilkan produk bahan ajar berupa bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis model Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang menarik, relevan, kontekstual, dan mudah dipahami oleh siswa, dan (2) memaparkan tingkat kelayakan bahan ajar mneulis teks laporan hasil observasi berbasis model Project Based Learning (PjBL) untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan modifikasi model pengembangan Borg dan Gall. Tahapan yang dilakukan meliputi: (1) analisis kebutuhan siswa, (2) tahap perencanaan dan pengembangan, (3) melakukan uji validasi dan uji coba produk terbatas bahan ajar. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh identifikasi saran masukan validator maupun siswa. Sementara itu, data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian validator dan skor dari hasil uji respons siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Hasil uji validasi bahan ajar pada tahap pertama mencapai 87,7%. Sementara itu, hasil uji validasi pada tahap kedua mencapai 94,76%. Hasil uji validasi pada kedua tahap ini menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak diimplementasikan. Meskipun demikian, validator menyarankan untuk memerbaiki beberapa unsur bahan ajar agar semakin layak untuk dilakukan uji coba. Adapun hasil uji coba terbatas menunjukkan kelayakan dan keberterimaan bahan ajar mencapai 85,6% disertai beberapa saran penyempurnaan. Dengan demikian, bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis model Project Based Learning (PjBL) dalam kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dengan penyempurnaan bagian-bagian terkecil bahan ajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Siti Janatul Khusna
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:08
Last Modified: 22 Dec 2022 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31860

Actions (login required)

View Item View Item