PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS HIKAYAT BERMUATAN KEARIFAN LOKAL KELAS X SMA/MA

FITRIANA MUNISWATIN, 12210183032 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS HIKAYAT BERMUATAN KEARIFAN LOKAL KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Teks Hikayat Bermuatan Kearifan Lokal Kelas X SMA/MA” ini ditulis oleh Fitriana Muniswatin, NIM 12210183032, program studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Bahan Ajar, Teks Hikayat, Kearifan Lokal Eksistensi bahan ajar menjadi salah satu faktor yang memengaruhi proses pembelajaran. Sehingga menjadikan bahan ajar penting di dalam pembelajaran, yaitu untuk mencapai kompetensi dalam pembelajaran, siswa perlu menempuh pengalaman, latihan, dan mencari informasi melalui penggunaan bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini bermuatan kearifan lokal Jawa. Siswa berpendapat bahwa teks hikayat merupakan salah satu materi yang sulit dipahami dari beberapa materi yang dipelajari pada pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA. Permasalahan pada pembelajaran teks hikayat dari angket yang disebarkan kepada siswa kelas X, yaitu 1) selama ini masih menggunakan bahan ajar yang konvensional yaitu buku paket yang merupakan pinjaman dari pemerintah maupun beli dari agen buku seperti LKS, tanpa merencanakan maupun menyiapkan materinya sendiri, 2) materi dalam bahan ajar kurang lengkap, 3) sumber belajar yang selama ini digunakan membosankan, dan 4) belum adanya bahan ajar khusus teks hikayat yang bermuatan kearifan lokal Jawa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyusun bahan ajar berupa modul yang di dalamnya memuat kearifan lokal Jawa. Bahan ajar tersebut berjudul Cakap dan Kreatif Bercerita Hikayat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) bagaimana pengembangan bahan ajar teks hikayat bermuatan kearifan lokal Jawa di kelas X SMA/MA?, dan (2) bagaimana kelayakan bahan ajar teks hikayat bermuatan kearifan lokal Jawa di kelas X SMA/MA?. Sedangkan tujuan dari adanya penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar teks hikayat bermuatan kearifan lokal Jawa untuk siswa SMA/MA kelas X yang menarik, kontekstual, relevan, dan mudah dipahami oleh peserta didik, serta bertujuan untuk memaparkan tingkat kelayakan bahan ajar teks hikayat bermuatan kearifan lokal Jawa untuk siswa SMA/MA kelas X. Metode penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Prosedur penelitian ini adalah modifikasi dari metode Borg dan Gall dengan rangkaian tahapan yaitu, tahap analisis kebutuhan siswa dan guru, tahap perancangan bahan ajar, tahap pengembangan bahan ajar, tahap evaluasi produk (oleh ahli materi, ahli media, serta praktisi), tahap revisi produk, produk jadi, dan diseminasi produk. Hasil penelitian menujukkan bahwa bahan ajar teks hikayat bermuatan kearifan lokal Jawa pada tahap pertama (uji validasi) mencapai 87,1%, artinya bahan ajar sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Meskipun begitu, validator menyarankan untuk memperbaiki beberapa unsur dalam aspek isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Pada tahap kedua, hasil uji validasi mencapai 94,86% yang berarti masuk dalam kategori sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Adapun pada tahap ketiga, hasil uji coba terbatas menunjukkan kelayakan dan keberterimaan bahan ajar mencapai 86,25% disertai beberapa saran penyempurnaan bahan ajar oleh beberapa responden yaitu memperbaiki animasi raja di bagian sampul depan dengan raja Jawa dan menghapus animasi daun di bagian atas pada sampul depan. Dengan demikian, bahan ajar teks hikayat bermuatan kearifan lokal Jawa dalam kategori sangat layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dengan penyempurnaan bagian-bagian terkecil bahan ajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183032 Fitriana Muniswatin
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:55
Last Modified: 28 Dec 2022 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31885

Actions (login required)

View Item View Item