ANA FATIKHATUL ‘AZMI, 12402183413 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus UMKM Kopi Trenggalek (KOPTRENG) Tradisi di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (651kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Strategi Pengembangan Bisnis dalam Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus UMKM Kopi Trenggalek (KOPTRENG) Tradisi di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Ana Fatikhatul ‘Azmi, NIM. 12402183413, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Suminto, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya memproduksi hasil dari sumber daya yang ada. Untuk meningkatkan produktivitas masyarakat agar dapat tercapai suatu tujuan yang diinginkan dapat dilakukan dengan meningkatkan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM). Peran UMKM sangat dibutuhkan untuk memperluas lapangan pekerjaan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia agar dapat memperbaiki perekonomian masyarakat. Perkembangan bisnis di Indonesia, seiring dengan berjalannya waktu mengalami pertumbuhan yang semakin pesat dan memunculkan beranekaragam bisnis. Saat ini terdapat bisnis yang menjadi trend dan sering dibicarakan oleh para pebisnis yaitu pengembangan bisnis dengan konsep syariat islam, yang mana dengan konsep tersebut mampu meraih segmentasi pasar yang cukup luas. Fokus Penelitian dalam skripsi ini secara spesifik yaitu: (1) Untuk Menganalisis Strategi Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam di “UMKM Koptreng Tradisi di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek”. (2) Untuk Menganalisis Strategi Pengembangan Pasar dalam Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam di “UMKM Koptreng Tradisi di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek”. (3) Untuk Menganalisis Strategi Pengembangan Organisasi dalam Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam di “UMKM Koptreng Tradisi di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar dan strategi pengembangan organisasi dapat meningkatkan produktivitas masyarakat di UMKM Kopi Trenggalek (KOPTRENG) Tradisi di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dan dalam pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Bisnis, Produktivitas, Ekonomi Islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ana Fatikhatul ‘Azmi |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 03:35 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 03:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31892 |
Actions (login required)
View Item |