Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Siswa Kelas IVA MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013/2014

A’yunina, Tahta Qurotu (2014) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Siswa Kelas IVA MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah siswa lemah dalam penguasaan dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan oleh guru, khususnya PKn. Karena siswa menganggap mata pelajaran PKn membingungkan dan sukar diingat. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran di kelas masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Akhirnya pada proses pembelajaran di kelas siswa sering ramai sendiri saat mendengarkan penjelasan guru, sebagai hasil belajar relative rendah. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model cooperative learning tipe group investigation sebagai salah satu model belajar yang menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan karena siswa terlibat aktif dalam pembelajaran baik secara kelompok maupun individu. Sehingga, diharapkan penerapan model cooperative learning tipe group investigation dalam pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan tingkat pusat mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan cooperative learning tipe group pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan penerapan cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014? (2) Meningkatan hasil belajar dengan penerapan cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat bagi siswa kelas IV A di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar tahun ajaran 2013/2014? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MIN Kolomayan, sebagai salah satu model referensi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut, bagi para Guru MIN Kolomayan sebagai masukan pertimbangan model yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, bagi siswa MIN Kolomayan sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajar, bagi perpustakaan IAIN Tulungagung, pembaca/peneliti lain sebagai referensi bagi pembaca dan sebagai bahan acuan untuk mengadakan penelitian serupa lanjutan. xvii Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IVA MIN Kolomayan. Analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,38 (47,61%) dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,33 (76,19%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat pada kelas IVA MIN Kolomayan Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 07:14
Last Modified: 04 Dec 2014 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item