KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GROWTH DAN FIXED MINDSET PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTsN 3 TULUNGAGUNG

FATKHUR ROHMAH, 12204173176 (2022) KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GROWTH DAN FIXED MINDSET PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Ditinjau dari Growth dan Fixed Mindset pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTsN 3 Tulungagung” ditulis oleh Fatkhur Rohmah, 12204173176, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN Tulungagung), Dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph.D. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Matematika, Growth Mindset, Fixed Mindset Salah satu faktor penting dalam pembelajaran matematika saat ini adalah pentingnya pengembangan kemampuan pemahaman matematika siswa. Kurangnya pemahaman matematika membuat siswa kesulitan dalam belajar. Selain itu problematika siswa dalam belajar matematika yaitu adanya persepsi-persepsi negatif tentang pelajaran matematika yang mana masalah ini perlu dihilangkan agar tujuan pembelajaran berhasil dan tercapai. Oleh karena itu, dalam perbaikan proses pembelajaran, selain penguasaan materi, juga perlu dilakukan proses perubahan mindset siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematika siswa ditinjau dari growth mindset pada materi aritmatika sosial kelas VII. (2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematika siswa ditinjau dari fixed mindset pada materi aritmatika sosial kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan yaitu hasil angket, hasil tes tulis, hasil wawancara dan hasil dokumentasi. Pengambilan data dimulai dari 25 siswa yang harus mengisi angket dan mengerjakan tes kemampuan pemahaman matematika. Kemudian dipilih 8 siswa yang mana 4 siswa dengan pola pikir growth mindet dan 4 siswa dengan pola pikir fixed mindset untuk diwawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan growth mindset termasuk dalam kategori siswa dengan kemampuan pemahaman yang tinggi dan sedang, yaitu 3 siswa dengan kategori tinggi dan 1 siswa berkategori sedang. Siswa growth mindset sudah dapat memunculkan konsep yang harus dipakai serta pengembangannya, walaupun ada beberapa siswa yang masih kurang mampu dalam menghubungkan beberapa konsep dan salah dalam perhitungannya dikarenakan kurang teliti. (2) Siswa dengan fixed mindset termasuk dalam kategori siswa dengan kemampuan pemahaman yang tinggi, sedang dan rendah, yaitu 1 siswa dengan kategori tinggi, 1 siswa dengan kategori sedang dan 2 siswa berkategori rendah. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang belum dapat mengembangkan konsep yang ada, salah dalam melakukan perhitungan bahkan ada juga dikarenakan tidak ada konsep dan ide matematik yang muncul sama sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173176 FATKHUR ROHMAH
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:35
Last Modified: 29 Dec 2022 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31917

Actions (login required)

View Item View Item