RISKI TAUFIK QURROHMAN, 12203183219 (2022) THE EFFECTIVENESS OF USING LET’S READ APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY OF THE SEVENTH GRADE AT MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Qurrohman, Riski Taufik. NIM. 12203183219. 2022. “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Let's Read Untuk Meningkatkan Penguasaan Kata Kata Siswa Kelas Tujuh MTsN 1 Trenggalek”. Skripsi. Departemen Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Susanto, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Aplikasi Let’s Read, Penguasaan Kosa Kata Kosakata merupakan bagian penting dari bahasa Inggris karena merupakan elemen vital untuk mengembangkan empat keterampilan bahasa seperti mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Kosakata juga merupakan unsur dasar kebahasaan yang harus dikuasai sebelum mulai menguasai bahasa Inggris. Keterbatasan kosakata membuat penguasaan bahasa Inggris menjadi lebih sulit untuk dicapai. Kosakata dapat dikuasai atau dipelajari melalui beberapa teknik, salah satunya adalah teknik drill menggunakan Aplikasi Let's Read yang dapat membantu siswa untuk memperoleh dan berlatih menghafal kosakata yang dipelajari secara berulang dengan menggunakan aplikasi berbasis internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan Aplikasi Let's Read dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh MTsN 1 Trenggalek. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut; “Apakah ada perbedaan skor yang signifikan pada penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Aplikasi Ayo Membaca di MTsN 1 Trenggalek?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pra eksperimen. Data dikumpulkan dari populasi siswa SMP khususnya siswa kelas VII K MTsN 1 Trenggalek yang diambil sampelnya dengan teknik purposive sampling. Kelas terdiri dari 32 siswa yang menjalani perlakuan sebagai kelompok eksperimen. Data numerik yang diperoleh dari sampel dianalisis menggunakan uji-t sampel berpasangan bersama dengan alat statistik prasyarat lainnya untuk memverifikasi perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata pra-tes dan pasca-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Let's Read efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII K MTsN 1 Trenggalek kelompok sampel, yang terlihat dari peningkatan rata-rata perolehan skor posttest menjadi 16.00. Nilai rata-rata pre-test adalah 66,69 sedangkan setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata post-test adalah 82,44. Rata-rata skor yang diperoleh signifikan secara statistik setelah diuji melalui uji t sampel berpasangan menunjukkan bahwa nilai sig adalah 0,00 yang lebih rendah dari 0,05. Kesimpulannya, treatment, yaitu penggunaan Aplikasi Let's Read efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | S1 12203183219 RISKI TAUFIK QURROHMAN |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 02:42 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31919 |
Actions (login required)
View Item |