KOMODIFIKASI VINCENT MOSCO PADA PERPANJANGAN EPISODE SINETRON “ORANG KETIGA” DI SCTV

MASRURUL LAILY, 17304163029 (2023) KOMODIFIKASI VINCENT MOSCO PADA PERPANJANGAN EPISODE SINETRON “ORANG KETIGA” DI SCTV. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Laily, Masrurul, 2021, Komodifikasi Vincent Mosco Pada Perpanjangan Episode Sinetron “Orang Ketiga” Di SCTV, Skripsi, Pembimbing: Abdullah Chakim, S.Ag, M.Pd Kata kunci : Komodifikasi, sinetron, ekonomi politik. Penelitian ini membahas tentang teori komodifikasi Vincent Mosco yang terdapat pada sinetron “Orang Ketiga” di stasiun televisi SCTV. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan kapitalis terhadap keberadaan media televisi sebagai industri media massa yang mampu memperlancar kegiatan ekonomi dan politik. Kemampuan televisi dalam menyebar luaskan informasi dimanfaatkan oleh para kapitalis untuk memberikan jalan bagi praktik komodifikasi dalam mempengaruhi proses komunikasi kepada masyarakat seperti yang telah dikatakan mosco sebagai praktik sosial. Rumusan masalah yang diambil pada penelitian ini adalah “Bentuk-bentuk komodifikasi apa saja yang terjadi pada sinetron “Orang Ketiga” serta bagaimana proses perpanjangan episode pada sinetron tersebut”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik komodifikasi yang terdapat pada sinetron “Orang Ketiga”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni dengan cara dokumentasi serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran program sinetron “Orang Ketiga” tidak hanya sebagai jawaban dari kebutuhan hiburan semata. Adanya bentuk-bentuk komodifikasi yang ditemukan adalah sebagai jawaban adanya pasar yang diciptakan oleh para kapitalis sebagai lahan ekonomi. Media sebagai pembentuk representasi telah mengemas produk yang ditampilkan menjadi sedemikian rupa agar dapat sampai kepada khalayak. Segala yang bersangkut paut dengan program hiburan sinetron telah dijadikan sebuah komoditas. Bentuk-bentuk komodifikasi yang ditemukan adalah komodifikasi khalayak, pekerja serta konten diubah menjadi ladang ekonomi. Hal tersebut berdampak pada proses perpanjangan episode pada sinetron “Orang Ketiga” yaitu dengan cara menambahkan pemeran serta mengganti alur pada cerita tersebut. Dari hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa program acara sinetron “Orang Ketiga” tidak hanyak sebagai sarana hiburan dan edukasi, akan tetapi juga sebagai media penyebaran distribusi nilai kapitalis di dalam tayangannya, untuk memperoleh keuntungan dari para pengiklan. sehingga komodifikasi sinetron “Orang Ketiga” merupakan alat yang digunakan

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 17304163029 MASRURUL LAILY
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:00
Last Modified: 03 Jan 2023 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32038

Actions (login required)

View Item View Item