NIMAS LULUK NUR ALVINA, 12210183076 (2023) PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Penggunaan Media YouTube pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2021/2022”. Ditulis oleh Nimas Luluk Nur Alvina, Nim 12210183076, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Menulis, Teks Eksplanasi, Media YouTube. Dalam proses pembelajaran menulis teks eksplanasi di kelas, guru menggunakan media pembelajaran yang kreatif. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran. Salah satu media yang digunakan guru untuk mengasah kreativitas siswa menulis teks eksplanasi adalah media YouTube. Media ini diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga media ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Fokus penelitian ini adalah perencanaan media YouTube pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol, pelaksanaan media YouTube pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol, dan evaluasi media YouTube pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Objek penelitian ini adalah media YouTube. Penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis dalam penelitian ini dengan cara mengolah data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa guru pada tahap perencanaan guru menyiapkan RPP, media, dan metode yang akan digunakan ketika mengajar di kelas. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan guru membuka pelajaran dengan doa, kemudian lanjut mengecek kehadiran siswa, menyampaikan materi. Kemudian, guru menyampaikan tahapan penggunaan media YouTube dengan cara meminta peserta didik membuka ponsel masing- masing dan guru mengarahkan peserta didik membuka grup kelas. Di dalam grup kelas tersebut guru membagikan link YouTube teks eksplanasi yang berisi tentang fenomena alam. Pada tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui efektif atau tidak media YouTube digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Kemudian, dalam evaluasi terdapat bentuk penilaian pembelajaran. Bentuk penilaian pembelajaran yang digunakan guru untuk mengukur pemahaman peserta didik dengan memberikan tugas membuat teks eksplanasi berdasarkan tayangan YouTube yang telah diamati. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti menemukan bahwa penggunaan media YouTube pada pembelajaran menulis teks eksplanasi efektif dan menunjukkan hasil yang sangat baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183076 NIMAS LULUK NUR ALVINA |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 08:50 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 08:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32062 |
Actions (login required)
View Item |