AHMAD HARIS AIYDA, 12201183217 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MAN 1 Blitar”, ditulis oleh Ahmad Haris Aiyda, NIM. 12201183217, Dosen Pembimbing oleh Mohammad Ja'far As-Shodiq, M.Pd.I. NIDN. 2014079001. Kata Kunci: Peran Guru, Kecerdasan Emosional Guru yang berkualitas sangat berpengaruh atas tercapainya tujuan pendidikan. Guru tidak hanya memiliki tugas menyampaikan materi yang berkenaan dengan modul maupun kurikulum saja, tetapi lebih dari itu, guru memiliki kewajiban mengarahkan anak didiknya ke arah yang lebih baik sesuai dengan norma masyarakat serta membantu mengembangkan segala kemampuan yang dimiliki oleh anak didiknya. Disini peran guru sangatlah penting untuk mengarahkan peserta didik ke jalan yang benar agar tidak terjerumus pada sikap kurang terpuji, selain itu banyak siswa yang terlibat dalam tawuran, melakukan tindak kriminal, penodongan, penyimpangan seksual dan lain sebagainya. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 1 Blitar? (2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik MAN 1 Blitar? (3) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik MAN 1 Blitar? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif–lapangan dengan lokasi di MAN 1 Blitar. Teknik yang dilakukan untuk memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Sudah terlaksanakannya peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan emosional di MAN 1 Blitar. Dalam hal ini, guru sebagai pendidik memberikan pembelajaran, bimbingan dan pembinaan secara akademik kepada peserta didik (2) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kecerdasan emosional sudah di jalankan di MAN 1 Blitar. Ada banyak metode yang dapat dilakukan oleh guru guna untuk memfasilitasi kegiatan pengembangan kecerdasan emosional siswa, misalnya dengan adanya ruang diskusi dan wadah ekstrakulikuler bagi siswa yang gemar di bidang selain akademik serta kelas olympia guna peran akademiknya. (3) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan emosional sudah di jalankan di MAN 1 Blitar. Peran guru sebagai motivator tersebut yaitu melakukan pendekatan terhadap siswa nuk memberikan semangat dan dorongan belajar dalam ruang pendidikan sebagai alat pengetahuan secara general yang perlu pesera didik dapatkan pada fase ini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > IQ Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183217 AHMAD HARIS AIYDA |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 02:14 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 02:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32066 |
Actions (login required)
View Item |