STRATEGI MARKETING JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Situs di SMP Islam Gandusari Trenggalek dan SMP Islam Durenan Trenggalek)

MUHAMMAD SAIFUN NUKHA, 12501174023 (2023) STRATEGI MARKETING JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Situs di SMP Islam Gandusari Trenggalek dan SMP Islam Durenan Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Saifun Nuhkha, Dosen Pembimbing (1) Dr. Ahmad Tanzeh, S.Ag, M.Pd, (2) Prof. Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Strategi Marketing Jasa pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Gandusari Trenggalek dan SMP Islam Durenan Trenggalek. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019. Kata kunci : Strategi, Marketing Jasa pendidikan, Minat Masyarakat. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh sulitnya bagi sebuah lembaga pendidikan untuk dapat hidup dengan baik jika tidak memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan cepat dan mampu berkembang dengan berbagai tuntutan pengguna lembaga pendidikan. Strategi marketing yang baik bagi lembaga pendidikan Islam mutlak diperlukan. Lembaga pendidikan Islam sebagai lembaga non profit perlu meyakinkan pelanggan bahwa lembaga yang ditawarkan merupakan lembaga yang masih eksis. Berikutnya lembaga juga perlu meyakinkan kepada pelanggan bahwa layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu marketing dilakukan untuk dapat mengenalkan segalam macam produk lembaga kepada masyarakat agar mudah dimengerti. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: (1) Bagaimana formulasi Strategi Marketing Jasa pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Gandusari Trenggalek dan SMP Islam Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana Implementasi Strategi Marketing Jasa pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Gandusari Trenggalek dan SMP Islam Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana Evaluasi Strategi Marketing Jasa pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Gandusari Trenggalek dan SMP Islam Durenan Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan formulasi Strategi Marketing Jasa pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Gandusari Trenggalek dan SMP Islam Durenan Trenggalek. (2) Mendeskripsikan Implementasi Strategi Marketing Jasa pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Gandusari Trenggalek dan SMP Islam Durenan Trenggalek. (3) Mendeskripsikan evaluasi Strategi Marketing Jasa pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Pada Lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Gandusari Trenggalek dan SMP Islam Durenan Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan memakai bentuk multi situs. Rancangan studi multi-situs adalah suatu rancangan penelitian kualitatif yang melibatkan beberapa situs, tempat dan subjek penelitian. Subjek-subjek penelitian tersebut diasumsikan memiliki karakteristik yang sama. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi marketing lembaga pendidikan Islam perlu melakukan beberapa tahapan dimulai dari formulasi strategi marketing, implementasi strategi marketing dan evaluasi strategi marketing untuk meningkatkan pengguna jasa pendidikan. Dengan demikian, strategi marketing lembaga pendidikan islam mempunyai andil penting dalam peningkatan pengguna jasa pendidikan. Oleh karena itu penentuan kebijakan kepala lembaga dalam menetapkan sebuah strategi marketing perlu di formulasikan secara baik agar tim marketing yang telah dibentuk oleh lembaga dapat mengimplementasikannya dengan baik dan tepat sasaran. Selain itu evaluasi juga perlu dilakukan secara terus menerus agar segala kekurangan dari penerapan strategi marketing untuk meningkatkan pengguna jasa pendidikan dapat berjalan berkisambungan dan lembaga akan menjadi salah satu lembaga yang dipercaya oleh masyarakat dalam mendidik putra-putrinya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501174023 MUHAMMAD SAIFUN NUKHA
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:36
Last Modified: 09 Jan 2023 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32075

Actions (login required)

View Item View Item