KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek)

MUHAMMAD YUSAK, 2841134017 (2016) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multi Kasus di MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
EXECUTIVE SUMMARY.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (594kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Yusak, “Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multi Kasus di MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek).” Program Pascasarjana, Program studi Pendidikan Islam, konsentrasi Manajemen pendidikan islam, IAIN Tulungagung, pembimbing I (Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.N.), pembimbing II (Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag) Kata kunci : Keterampilan Manajerial, Mutu Pendidikan Sekolah merupakan lembaga yang bersifat kompleks dan unik. Bersifat kompleks karena madrasah bersifat organisasi yang didalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu dengan yang lain saling berkaitan dan saling menentukan. Sedangkan unik bahwa madrasah sebagai lembaga memiliki ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki organisasi-organisasi lain. Ciri yang menempatkan sekolah memiliki karakter sendiri dimana terjadi proses belajar mengajar dan tempat terselenggaranya pembinaan dan pengembangan kehidupan beragama, juga berperan dalam menanamkan rasa kebangsaan, dan mencerdaskan kehidupan bangsa, sekolah merupakan sekolah umum yang berciri khas islam. Sekolah sebagai suatu organisasi memiliki tingkat koordinasi yang tinggi. Keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah. Kepala sekolah yang berhasil apabila isa mampu memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik serta mampu melaksanakan peranan kepala sekolah sebagai orang yang diberi tanggung jawab untuk memanaj madrasah. Penelitian ini memfokuskan pada keterampilan manajerial kepala MTs Plus Raden Paku dan kepala SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan fokus penelitian: 1) bagaimana keterampilan konseptual (conceptual skill) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek? 2) Bagaimana keterampilan manusiawi (human skill) kepala MTs Plus Raden Paku dan krepala SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek? 3) bagaimana keterampilan tekhnis (technical skill) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek? Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Keterampilan konseptual (conceptual skill) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek. 2) untuk mengetahui keterampilan manusiawi (human skill) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek. 3) untuk mengetahui keterampilan tehnis (technical skill) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek. Penelitian tentang keterampilan manajerial kepala MTs Plus Raden Paku dan kepala SNIP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek dalam meningkatkan mutu pendidikan ini menggunakan pendekatan kualitataif artinya, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka dilakukan pemeriksaan keabsahan data melalui diskusi dengan teman sejawat dan tringulasi sumber data. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif, yaitu konseptualisasi, kategorisasi, kemudian direduksi, penyajian data selanjutnya diadakan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa conceptual skill kepala MTs Plus Raden Paku dan kepala SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek dalam meningkatkan mutu pendidikan diwujudkan melalui perencanaan yang jelas yang tertuang dalam visi, misi, dan tujuan, dan menggunakan strategi yang tepat yaitu pemberdayaan SDM yang ada, membentuk team work , meminimalisir problem dan dan perbaikan terus menerus melalui evaluasi program. Adapun human skill kepala MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek dalam meningkatkan mutu pendidikan diwujudkan dalam pemberian motivasi terhadap bawahan dengan memberikan dorongan akan pentingnya peningkatan profesi, memberikan penghargaan terhadap bawahan atas prestasi yang telah diraihnya, menciptakan kenyamanan kerja, dan memberikan suri tauladan agar tertanam jiwa ikhlas, disiplin dan mempunyai etos kerja yang baik. Dan technical skill kepala MTs Plus Raden Paku dan kepala SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek menerapkamn system boarding school system, pengembangan keterampilan murid, pemaduan kurikulum pemerintah dengan kurikulum pondok pesantren, ditambah dengan kurikulum lembaga pelatihan bahasa (arab dan Inggris), perbaikan mutu pendidikan secara terus menerus melalui evaluasi program kerja dalam kurun waktu tertentu, memberlakukan persyaratan dalam penerimaan tenaga, menagadakan persyaratan tertentu dalam penerimaan siswa baru, pemberian kepercayaan penuh terhadap para bawahan, pengelolaan tentang teknik supervisi dan pengelolaan tentang sarana dan prasarana keuangan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: mas ruly budiyanto
Date Deposited: 16 Feb 2016 07:56
Last Modified: 16 Feb 2016 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item