PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTSN 10 BLITAR

LAILA MUYASAROH, 12208183178 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTSN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dijumpainya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan nilai ratarata mata pelajaran IPA yang masih di bawah KKM. Kemungkinan cara guru mengajar kurang menarik perhatian siswa, oleh karena itu siswa kurang tertarik untuk memperhatikan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Hal ini ditunjukkan pada saat saya melakukan observasi pembelajaran di kelas, pada saat itu guru hanya memberikan penjelasan dan siswa kurang memperhatikan. Hanya ada beberapa siswa yang memperhatikan penjelasan guru. Sementara siswa yang lain memperhatikan obyek lain seperti mengobrol dengan teman semeja, bermain alat tulis, dan lain sebagainya. Selain itu Keaktifan siswa saat pembelajaran rendah. Hal ini ditunjukkan pada saat guru mengajukan pertanyaan, hanya beberapa siswa yang menjawab pertanyaan guru. Begitu juga saat guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tidak ada siswa yang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi pelajaran IPA yang disampaikan guru. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud untuk menemukan salah satu cara dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif, yang dapat memperbaiki daya tangkap siswa, meningkatkan attitude siswa, meningkatkan keaktivan siswa, dan memotivasi siswa. Metode pembelajaran yang dianggap efektif dan inovatif yakni model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran STAD (student teams achievement division) terhadap minat belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA di MTsN 10 Blitar. 2. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran STAD (student teams achievement division) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA di MTsN 10 Blitar. 3. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran STAD (student teams achievement division) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA di MTsN 10 Blitar. Materi yang digunakan pada penelitian ini dalam pembelajaran IPA yaitu materi Pencemaran Lingkungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena data penelitian ini berupa angka dan datanya menggunakan statistik. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan metode penelitian eksperimen tepatnya pada bentuk true exsperiment. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain posstest only control design. Pada desain ini pengontrolan secara acak dengan tes hanya diakhir perlakuan. Sebelum menggunakan hipotesis tersebut , data harus memenuhi dua syarat, yaitu data memiliki distribusi normal dan data bersifat homogen. Dengan, banyaknya sampel yang diambil ada 61 responden, yaitu 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran STAD (student teams achievement division) terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPA di MTsN 10 Blitar. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) dimana nilai tersebut menunjukkan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka H₀ ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran STAD (student teams achievement division) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPA di MTsN 10 Blitar. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) dimana nilai tersebut menunjukkan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,003 < 0,05. Maka H₀ ditolak dan Ha diterima. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran STAD (student teams achivement division) terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPA di MTsN 10 Blitar. Data dihitung menggunakan Uji T-Test dan Uji MANOVA dengan bantuan SPSS 25. Hasil uji hipotesis menggunakan uji T-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi dalam penggunaan model pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII pada pembelajaran IPA dengan hasil nilai signfikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183178 LAILA MUYASAROH
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:06
Last Modified: 16 Jan 2023 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32227

Actions (login required)

View Item View Item