DIKI KURNIAWAN, 17201163282 (2020) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI MTS DARUSALAM ARYOJEDING TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi Bullying pada peserta didik di MTs Darusalam Aryojeding Tulungagung” ditulis oleh Diki Kurniawan, NIM. 17201163282. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Peran guru Akidah Akhlak, Bullying fisik dan Verbal. Penanggulangan Bullying di madrasah sudah menjadi kewajiban dan perlu dilaksanakan oleh semua warga madrasah termasuk guru Akidah Akhlak. Guru Akidah Akhlak mempunyai tugas yang cukup urgen dalam menginternalisasikan moral yang bernilai Islam supaya dalam keseharian peserta didik mampu menunjukkan perilaku yang berakhlak mulia. Salah satu cara menghindari perilaku Bullying fisik dan Verbal yang terjadi di MTs Darusalam Aryojeding Tulungagung adalah melalui peran guru. Guru harus dapat menjadi informator, educator, dan motivator bagi pesertadidik. Sebagai Guru Aqidah Akhlaq harus mendidik dan membina siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru Aqidah Akhlaq dalam menangulangi Bullying Bentuk fisik pada peserta didik di MTs Darusalam Aryojeding Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru Aqidah Akhlaq dalam menangulangi Bullying Bentuk Verbal pada peserta didik di MTs Darusalam Aryojeding Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan hambatan guru Aqidah Akhlaq dalam menanggulangi Bullying peserta didik di MTs Darusalam Aryojeding Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan jenis studi kasus (case research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu: (1) Triagulasi, (2) Peer debriefing (pemeriksaan teman sejawat), (3) Member check
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163282 Diki Kurniawan |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 02:29 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 02:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32230 |
Actions (login required)
View Item |