DIMENSI PROFETIK BISNIS: ANALISIS SIFAT-SIFAT NABI DALAM MANAJEMEN USAHA INDUSTRI ALAT DAPUR MERPATI DAN GAJAH

NININGTYAS RAHAYUNINGSIH, 128508203024 (2023) DIMENSI PROFETIK BISNIS: ANALISIS SIFAT-SIFAT NABI DALAM MANAJEMEN USAHA INDUSTRI ALAT DAPUR MERPATI DAN GAJAH. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Dimensi Profetik Bisnis: Analisis Sifta-Sifat Nabi Dalam Manajemen Usaha Industri Alat Dapur Merpati Dan Gajah” ini ditulis oleh Niningtyas Rahayuningsih dengan promotor Dr. Kutbuddin Aibak S.Ag. M.H.I. dan Dr. H. Dede Nurrohman, M.Ag. Kata Kunci: Dimensi Profetik Bisnis, Sifat-Sifat Nabi, Manajemen Usaha Industri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh populernya usaha industri alat dapur di Ngunut baik pada kalangan orang dan juga anak muda sampai masa kini. Tetapi banyak usaha alat dapur yang menjalankan usahanya tanpa toleransi, dimana usaha tersebut hanya memikirkan keuntungan dan tidak melihat usaha tersebut akan merugikan pelanggan, warga sekitar bahkan usaha lainnya. Padahal jika usaha yang manajemennya menggunakan sifat-sifat nabi akan maka lebih bermanfaat dan lancar bisnisnya. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan sifat-sifat nabi pada usaha industri Alat Dapur Merpati dan Gajah?; (2) Bagaimanakah keberhasilan penerapan sifat-sifat nabi pada usaha industri Alat Dapur Merpati dan Gajah?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research dan rancangan penelitian menggunakan multi situs. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada 14 informan, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dalam dua tahap yaitu analisis data situs individu dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data didasarkan pada empat kriteria yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hasil penilitian menunjukkan bahwa: (1) Sifat Siddiq di usaha industri alat dapur Merpati diterapkan untuk menarik perhatian konsumen dan di usaha industri alat dapur Gajah belum diterapkan oleh semua karyawan, sifat Amanah di usaha industri alat dapur Merpati dan usaha industri alat dapur Gajah bersikap tanggungjawab agar mendapat kepercayaan oleh konsumen, sifat Tabligh di usaha industri alat dapur Merpatidan usaha industri alat dapur Gajah memberikan pelayanan yang ramah, sopan dan desain serta promosi yang menarik, dan sifat Fatanah di usaha industri alat dapur Merpati sudah sangat baik yaitu dengan selalu memperhatikan peluang yang ada, dan usaha industri alat dapur Gajah kurang maksimal, tidak diberikan informasi di media sosial. (2) Keberhasilan penerapan sifat-sifat nabi di usaha industri alat dapur Merpati dan usaha industri alat dapur Gajah ternyata bisa berkontribusi untuk membantu kelancaran usaha industri alat dapur. Sehingga banyak konsumen yang berlangganan dan mengajak untuk bekerjasama.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 128508203024 NININGTYAS RAHAYUNINGSIH
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:13
Last Modified: 20 Jan 2023 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32263

Actions (login required)

View Item View Item