PENGARUH PENERAPAN TEKNIK ASOSIOGRAM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA RAUDLATUL MUSTHOFA REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021

ASANA MAZIYYA AULIANNAFI'A, 12210173056 (2023) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK ASOSIOGRAM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA RAUDLATUL MUSTHOFA REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Teknik Asosiogram dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Raudlatul Musthofa Rejotangan Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Asana Maziyya Auliannafi’a, NIM. 12210173056, pembimbing Prof. Dr. Muhamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Dalam menulis puisi dibutuhkan keterampilan yang melibatkan perbendaharaan kosa kata dan kemampuan mengungkapkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan. Menulis puisi juga memerlukan teknik sebagai sarana mempermudah pengungkapan ide atau gagasan kata dalam larik-larik puisi. Pembelajaran menulis puisi yang kurang inovatif membuat siswa kesulitan memilih kata dan merangkainya menjadi larik puisi. Oleh karena itu, penelitian ini membahas teknik asosiogram. Teknik asosiogram merupakan teknik yang menggambarkan curah ide yang divisualkan atau suatu hal yang terletak pada titik tengah dan semua hal yang berkaitan dengan hal tersebut berada di sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik asosiogram terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Raudlatul Musthofa. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan desain pretest posttest control group. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas berupa teknik asosiogram, dan variabel terikat berupa kemampuan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Raudlatul Musthofa. Sampel penelitian menggunakan sampel total karena hanya terdapat dua kelas, yakni kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan Paired Samples Statistics. Hasil pengolahan data penelitian penerapan teknik asosiogram menunjukkan pengaruh positif dan signifikasi antara penerapan teknik asosiogram dengan pembelajaran menulis puisi. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji Paired Samples Statistics dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Nilai thitung jatuh pada daerah penerimaan ttabel yaitu thitung (7.222) > ttabel (1.70) atau thitung (-7.222) < -ttabel (-1.70), maka thitung berada pada daerah penolakan Ho. Hal ini menunjukkan bahwa teknik asosiogram berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan nilai rata-rata hasil belajar menulis puisi pascates kelas kontrol 74,53 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pascates kelas eksperimen 77,19. Kata kunci: Teknik asosiogram, Menulis puisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173056 ASANA MAZIYYA AULIANNAFI'A
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:41
Last Modified: 24 Jan 2023 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32290

Actions (login required)

View Item View Item