PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK AL IZZAH BALONGMOJO MOJOKERTO

QURROTUL AZIZAH, 12206183082 (2023) PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA LOOSE PARTS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK AL IZZAH BALONGMOJO MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Dengan Media Loose Parts Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Di TK Al-Izzah Balongmojo Mojokerto” ini ditulis oleh Qurrotul Azizah, NIM 12206183082, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata kunci: Media Loose Parts, Bahan Alam, Bahan Sintetis, Kemampuan Motorik Halus. Penelitian dalam skripsi ini di dasarkan pada sebuah fenomena di TK Al- Izzah tentang pentingnya kemampuan motorik yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh anak. Kemampuan motorik halus anak adalah kemampuan bergerak menggunakan otot kecil dan mengkoordinasikan panca indra. Penggunaan media loose parts adalah salah satu media yang menyenangkan untuk anak, media tersebut dapat dipisah, disatukan kembali, dipindah, dan bisa digunakan dengan bahan lainnya. Adapun penggunaan bahan alam dan bahan sintetis dalam media loose parts ini bertujuan untuk mengajarkan anak untuk perduli dengan lingkungan sekitar. Maka dari itu TK Al-Izzah Balongmojo Mojokerto memanfaatkan media loose parts sebagai media mengembangkan motorik halus anak. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemanfaatan bahan alam sebagai media loospart untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok A di TK Al- Izzah Balongmojo Mojokerto? 2) Bagaimana pemanfaatan bahan sintetis sebagai media loospart untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok A di TK Al- Izzah Balongmojo Mojokerto? Penelitian ini menggunakan metode penelitian 1) pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif, 2) Sumber data: data primer dan data sekunder, 3) Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi, 4) Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, 5) Pengecekan keabsahan temuan: perpanjang kehadiran, triangulasi dan pembehasan sejawat, 6) Tahap-tahap penelitian: tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisa, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Pemanfaatan bahan alam: (a) RPPH sebagai pedoman pembelajaran dengan media loose parts bahan alam, (b) Bahan alam yang digunakan ranting pohon, batu, batok kelapa, balok kayu, dan cangkang kerang. (c) Guru memberikan pendampingan dan membimbing anak. (d) Guru melakukan evaluasi. (e) Guru memberikan apresiasi. 2) Pemanfaatan bahan sintetis: (a) RPPH sebagai pedoman pembelajaran dengan media loose parts bahan sintetis, (b) Bahan sintetis yang digunakan paralon bekas, hiasan aquarium, manik-manik, benang, tutup botol. (c) Guru memberikan pendampingan dan membimbing. (d) Guru melakukan evaluasi. (e) Guru memberikan apresiasi. (f) penggunaan bahan sintetis juga untuk menanamkan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183082 qurrotul azizah
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:27
Last Modified: 24 Jan 2023 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32298

Actions (login required)

View Item View Item