PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC PADA MATERI FULIDA DINAMIS

MOHAMAD YUNUS, 12211173019 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE CC PADA MATERI FULIDA DINAMIS. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Adobe Animate CC pada Materi Fluida Dinamis” ini ditulis oleh Mohamad Yunus, NIM. 12211173019, pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata kunci: LKPD interaktif, inkuiri terbimbing, fluida dinamis Pembelajaran fisika tidak hanya sekedar penyampaian materi saja, namun juga harus disajikan dalam pembelajaran yang aktif dan kreatif. Guru lebih sering menggunakan pembelajaran dengan menjelaskan secara langsung. Penggunaan teknologi pembelajaran juga masih belum optimal. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Adobe Animate CC pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MAN 3 Nganjuk. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli media dan ahli materi, respon peserta didik, dan soal post test yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif berbasis inkuiri terbimbing menggunakan Adobe Animate CC pada materi fluida dinamis ini terdiri atas: pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba terbatas, revisi hasil uji coba, uji coba secara luas, dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. (2) Hasil dari analisis data angket validasi menunjukkan skor rata-rata hasil validasi ahli media adalah 4,64 dengan kategori sangat baik dan hasil analisis data angket validasi ahli materi adalah 4,18 dengan kategori baik. (3) Hasil analisis keterbacaan diperoleh nilai rata-rata respon peserta didik adalah 87,56% dengan kategori sangat baik. (4) Hasil uji statistik Mann-Whitney pada tabel menunjukkan taraf signifikannya 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya penggunaan LKPD interaktif lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar daripada pembelajaran tanpa menggunakan media LKPD interaktif. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran LKPD ini efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173019 Mohamad Yunus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:14
Last Modified: 24 Jan 2023 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32306

Actions (login required)

View Item View Item