PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

RENI AFIDA MALIA, 12201183166 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Budaya Religius Peserta Didik Kelas VII Di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Reni Afida Malia, NIM. 12201183166 dan dibimbing oleh Hasanal Khuluqi, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Budaya Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya semangat peserta didik dalam melaksanakan kegiatan ibadah di sekolah terutama setelah pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana peran guru akidah akhlak dalam mengembangkan budaya religius di sekolah. Peneliti memilih lokasi penelitian di MTsN 4 Tulungagung, karena peserta didiknya yang datang dari berbagai macam latar belakang dan memiliki berbagai budaya religius yang melekat pada peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peran guru akidah akhlak dalam mengembangkan budaya religius peserta didik kelas VII DI MTsN 4 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam mengembangkan budaya religius peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung? (2) bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai director dalam mengembangkan budaya religius peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung? (3) bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai inisiator dalam mengembangkan budaya religius peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk memaparkan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam mengembangkan budaya religius peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung (2) untuk memaparkan peran guru akidah akhlak sebagai director dalam mengembangkan budaya religius peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung (3) untuk memaparkan peran guru akidah akhlak sebagai inisiator dalam mengembangkan budaya religius peserta didik kelas VII di MTsN 4 Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan studi kasus. Peneliti hadir di lokasi MTsN 4 Tulungagung dan mengumpulkan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dengan teknik uji kredibilitas yaitu memperpanjang pengamatan, pengamatan terus menerus, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagai motivator guru akidah akhlak memberi motivasi peserta didik dengan cara memberi uswah atau contoh dalam melaksanakan budaya reigius (2) sebagai director guru mengkoordinasi jalannya kegiatan pengembangan budaya religius (3) guru memilih budaya religius yang tepat dilakukan di MTs 4 Tulungagung dengan cara bermusyawarah bersama guru-guru mata pelajaran lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183166 Reni Afida
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:37
Last Modified: 24 Jan 2023 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32334

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item