Penerapan Pendekatan Contxtual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung

Betrika, Diah (2014) Penerapan Pendekatan Contxtual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Aneke.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh karakteristik pelajaran Matematika yang abstrak menyebabkan kendala bagi siswa kelas III MI/SD dalam memahami materi yang diajarkan. Selain itu masih ada beberapa siswa yang belum bisa membuat hubungan antara pengetahuan yang telah diperoleh dengan kehidupan sehari-hari. Dan juga kurangnya kemampuan siswa dalam memahami jenis soal cerita, yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam penulisan kalimat matematika, sehingga mengakibatkan kesalahan terhadap kualitas akademik/prestasi belajar. Materi yang disajikan dalam penelitian ini adalah pecahan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru menghubungkan antara materi pelajaran yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pemebelajaran diharapkan lebih bermaksna pada siswa. Karena proses pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berlangsung secara alamiah dalam bentuk kegiatan siswa belajar dan mengalami. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? 2) Bagaimana pencapaian prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014?. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk menjelaskan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 dan 2) Untuk mendiskripsikan pencapaian prestasi belajar siswa dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis tindakan kelas. Adapun tekhnik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang Prestasi belajar siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Sedangkan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pembelajaran Matematika, respon siswa, keadaan siswa, guru dan karyawan, serta struktur organisasi, sarana dan prasarana sekolah.. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, nilai ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I yakni 64% yang sebelumnya pada pelaksanaan pre test (tes awal) hanya sebesar 52%, pada siklus II meningkat menjadi 84%. Hal ini menunjukkan peserta didik telah mampu menguasai materi matematika dengan baik. Sedangkan indikator proses pembelajaran adalah adalah aktivitas pendidik dan peserta didik. Aktivitas pendidik atau peneliti pada siklus I adalah 84,74% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,13%. Sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I yakni 73,80%, pada siklus II meningkat menjadi 86,84%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik dan peserta didik menunjukkan kriteria baik. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi pecahan siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 07:26
Last Modified: 04 Dec 2014 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item