NAZLA SULKHA SYAFITRI, 12206183107 (2023) OPTIMALISASI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK TUNAS HARAPAN MOJOKERTO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (740kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul " Optimalisasi Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan Mojokerto " ini ditulis oleh Nazla Sulkha Syafitri, NIM 12206183107, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: optimalisasi guru, kecerdasan interpersonal, anak usia dini Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan seseorang dalam menjalani hubungan dengan orang lain. Kecerdasan interpersolan merupakan keemampuan anak dalam merespon orang yang ada disekitarnya dengan baik sehingga interaksi dapat berjalan dengan baik dan efektif. Kecerdasan interpersonal meliputi beberapa aspek komunikasi, empati, berkerjasama. Namun kebanyakan orang tua lebih mengutamakan kecerdasan akademis anak. Untuk itu permasalahan yang diangkat peneliti adalah cara guru mengembangkan kecerdasan interpersonal anak. Penelitian ini bertempat di TK Tunas Harapan Mojokerto. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kecerdasan Interpersonal pada Anak Usia Dini TK Tunas Harapan ? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung peran guru dalam meningkatkan kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan ? 3) Bagaimana cara guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal Anak Usia Dini TK Tunas Harapan?. Jenis penelitian ini adalah adalah kualitatif dekriptif, dengan subjek dan objek penelitian guru dan peserta didik di TK Tunas Harapan Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data dan penatikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan: perpanjang kehadiran, triangulagi dan pembahasan sejawad. Tahap-tahap penelitian: tahap pra-lapangan, tahap pekerja lapangan, tahap analisia, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) peran guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di TK Tunas Harapan Mojokerto: (a) guru sebagai pendidik, (b) guru sebagai pengajar, (c) guru sebagai pembimbing, (d) guru sebagai pengarah, (e) guru sebagai pelatih, (f) guru sebagai penilai. 2) faktor penghambat dan pendukung peran guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal: (a) orang tua yang menuntut guru untuk lebih mengutamakan kecerdasan akademis anak, (b) faktor lingkungan, (c) faktor karakter anak itu sendiri, (d) guru kurang tegas dalam mengatasi tingkah laku anak, (e) polah asuh orang tua. 3) cara guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak: (a) kerjasama antara guru dengan orang tua, (b) guru yang sudah berpengalaman, (c) pemberian stimulus pada anak, (e) melatih kemampuan berempati pada anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Guru Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | S1 12206183107 Nazla Sulkha Syafitri |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 08:51 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 08:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32414 |
Actions (login required)
View Item |