MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DUNIA USAHA DAN INDUSTRI DALAM MENINGKATKAN AKSEPTASI PASAR (Studi Multi Kasus di MAN Kota Blitar dan MA Ma’arif Udanawu Blitar)

AMALIA LAELA WIJAYA, 128501203001 (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DUNIA USAHA DAN INDUSTRI DALAM MENINGKATKAN AKSEPTASI PASAR (Studi Multi Kasus di MAN Kota Blitar dan MA Ma’arif Udanawu Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui perubahan kurikulum. Kurikulum yang ada, memberikan kebebasan setiap sekolah untuk mengembangkan sesuai dengan keadaan sekolah. Salah satu upaya pengembangan tersebut dengan menghadirkan program ketrampilan di madrasah yang bertujuan membekali siswa lebih mandiri sehingga lulusanya memiliki daya serap di masyarakat setelah lulus nanti. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana karakteristik manajemen pengembangan kurikulum dunia usaha dan industri dalam meningkatkan akseptasi pasar di MAN Kota Blitar dan MA Ma’arif Udanawu Blitar? (2) Bagaimana implementasi manajemen pengembangan kurikulum dunia usaha dan industri dalam meningkatkan akseptasi pasar di MAN Kota Blitar dan MA Ma’arif Udanawu Blitar? (3) Bagaimana evaluasi manajemen pengembangan kurikulum dunia usaha dan industri dalam meningkatkan akseptasi pasar di MAN Kota Blitar dan MA Ma’arif Udanawu Blitar? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif-kualitatif, lokasi penilitian berada di MAN Kota Blitar dan MA Ma’arif Udanawu Blitar, sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru, kemitraan, serta kelengkapan dokumen yang mendukung, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Krakteristik manajemen pengembangan kurikulum kedua madrasah menggunakan kurikulum teknologis dengan prinsip relevansi dan pendekatan grass root. (2) Implementasi manajemen pengembangan kurikulum kedua madrasah, mulai persiapan dari instruktur, sarana prasarana, dan siswa. Proses pelaksanaan pembelajaran ketrampilan di madrasah dengan moving class kegiatannya 30% teori 70% praktek. Sedangkan pemagangan dengan pihak kemitraan atau pelatihan pada libur semester selama 2-4 minggu. Implementasi di kedua madrasah sesuai prinsip fleksibilitas, kontinuitas, dan praktis. (3) Evaluasi manajemen pengembangan kurikulum pada kedua madrasah ini secara terukur melalui lembar monev serta tidak terukur berdasakan pengamatan kegiatan pengawasan. Keberhasilan pengembangan kurikulum ini dapat terlihat dari banyaknya output yang terserap dimasyarakat setelah lulus. tahap evaluasi manajemen pengembangan kurikulum sesuai dengan prinsip efektifitas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 128501203001 AMALIA LAELA WIJAYA
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:00
Last Modified: 27 Jan 2023 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32416

Actions (login required)

View Item View Item