MOHAMMAD SULTHONUL UMAM, 12204183301 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP QUR’AN AL KARIM TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (495kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis dan Logis dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Qur’an Al Karim Trenggalek” ini ditulis oleh Mohammad Sulthonul Umam, NIM. 12204183301, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis dan Logis, Soal HOTS, Kemampuan Matematika. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS masih rendah. Hal ini dikarenakan siswa masih dominan pada kemampuan menghafal dalam pembelajaran matematika. Padahal dalam suatu pembelajaran, siswa diharapkan dapat melaksanakan proses mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisa, mengevaluasi, dan mencipta. Oleh karena itu, siswa membutuhkan kemampuan dalam berpikir kritis dan logis untuk menyelesaikan soal HOTS sehingga siswa tidak hanya dominan pada kemampuan menghafal. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal HOTS, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP Qur’an Al Karim Trenggalek dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mampu mencapai semua indikator berpikir kritis dan berpikir logis dengan sempurna. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal HOTS memenuhi 3 indikator berpikir kritis. sedangkan berpikir logis siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi 3 indikator berpikir logis dan belum mampu memenuhi indikator menarik kesimpulan. 3) Kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal HOTS hanya memenuhi indikator berpikir klarifikasi. Sedangkan berpikir logis siswa berkemampuan matematika rendah hanya memenuhi indikator membuat makna tentang jawaban argumen yang masuk akal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd. 12204183301 Mohammad Sulthonul Umam |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 03:57 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 03:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32548 |
Actions (login required)
View Item |