KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP QUR’AN AL KARIM TRENGGALEK

MOHAMMAD SULTHONUL UMAM, 12204183301 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP QUR’AN AL KARIM TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis dan Logis dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Qur’an Al Karim Trenggalek” ini ditulis oleh Mohammad Sulthonul Umam, NIM. 12204183301, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis dan Logis, Soal HOTS, Kemampuan Matematika. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS masih rendah. Hal ini dikarenakan siswa masih dominan pada kemampuan menghafal dalam pembelajaran matematika. Padahal dalam suatu pembelajaran, siswa diharapkan dapat melaksanakan proses mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisa, mengevaluasi, dan mencipta. Oleh karena itu, siswa membutuhkan kemampuan dalam berpikir kritis dan logis untuk menyelesaikan soal HOTS sehingga siswa tidak hanya dominan pada kemampuan menghafal. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal HOTS, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP Qur’an Al Karim Trenggalek dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mampu mencapai semua indikator berpikir kritis dan berpikir logis dengan sempurna. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal HOTS memenuhi 3 indikator berpikir kritis. sedangkan berpikir logis siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi 3 indikator berpikir logis dan belum mampu memenuhi indikator menarik kesimpulan. 3) Kemampuan berpikir kritis siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal HOTS hanya memenuhi indikator berpikir klarifikasi. Sedangkan berpikir logis siswa berkemampuan matematika rendah hanya memenuhi indikator membuat makna tentang jawaban argumen yang masuk akal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd. 12204183301 Mohammad Sulthonul Umam
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:57
Last Modified: 01 Feb 2023 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32548

Actions (login required)

View Item View Item