MOH NASHIHUDIN, 12601195002 (2022) KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Multisitus di SMK Islam Sunan Kalijaga Ngunut Tulungagung dan SMK Islam Anharul Ulum Kademangan Blitar). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (819kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (331kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (601kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (569kB) |
Abstract
Kepemimpinan merupakan hal penting yang banyak disorot oleh praktisi dan akademisi di berbagai literatur yang ada. Salah satu yang sangat di sorot adalah kepemimpinan di lembaga pendidikan. Hal ini terjadi karena kepemimpinan merupakan faktor utama dalam proses pencapaian visi dan misi lembaga pendidikan. Kepemimpinan visioner merupakan kemampuan seorang pemimpin dalam merencanakan, merumuskan, menciptakan, mengimplementasikan pemikiran ideal yang berasal dari interaksi sosial, stakeholder dan bahkan dirinya sendiri yang diyakini sebagai cita-cita lembaga di masa depan dan dapat dicapai melalui komitmen semua elemen lembaga. Lembaga pendidikan saat ini sudah mulai masuk dalam pasar perdagangan dan persaingan dengan lembaga lain. Lembaga yang mampu bersaing dengan tetap berinovasi dan melakukan perubahan sesuai dengan perkembangan zaman akan bisa bertahan tetap eksis di dalam dunia pendidikan. Kepala Sekolah visioner yang memiliki ide-ide kreatif dan pandangan jauh ke depan yang digadang mampu untuk menjadikan lembaga pendidikan memiliki daya saing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara mendalam terkait: Bagaimana Kepala Sekolah visioner sebagai penentu arah (direction setter), agen perubahan (agent of change) serta menjalankan langkahlangkah strategi perubahan untuk meningkatkan daya saing sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis (phenomenological approach) dan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik membaca seluruh data, pengkodean, saling menghubungkan tema atau diskripsi, dan menginterpretasi makna tema atau diskripsi. Sedangakan cara pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, dependenbilitas, transferbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner Kepala Sekolah dalam meningkatkan daya saing dengan cara kepala sekolah sebagai penentu arah (director setter), sebagai agen perubahan (agent of change) serta melakukan langkah-langkah strategi perubahan meliputi daya saing yang beorientasi pada visi, mencetak lulusan yang menguasai IMTAQ, IPTEK, mandiri, nasionalis dan ilmu agama ala Ahlussunnah wal jamaah An-Nahdliyah, memaksimalkan pelaksanaan xii kurikulum dan administrasi yang sesuai dengan standar nasional pendidikan, orientasi pada lulusan yang mampu bersaing di dunia industri, perguruan tinggi dan pendidikan lainnya, SMK memiliki keahlian yang bisa dijadikan icon sekolah yang bisa menarik calon siswa dan mengembangkan potensi siswa, memiliki Quality Guarantee/garansi kualitas peserta didik dengan cara memberikan kegiatan tambahan atau ekstrakurikuler, memiliki sarana dan prasarana yang standar sesuai dengan kebutuhan. Kata kunci: Kepemimpinan Visioner, Perubahan, Daya Saing
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12601195002 Moh. Nashihudin |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 01:53 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 08:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32556 |
Actions (login required)
View Item |