STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI MIFTAHUL HUDA KALIBOTO TAROKAN KEDIRI

INDRI DWI PUSPITA ANGGRAINI, 12205183112 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI MIFTAHUL HUDA KALIBOTO TAROKAN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi guru dalam mengatasi kesulitan Belajar membaca, menulis dan berhitung peserta didik kelas 1 pada masa Pandemi Covid 19 dalam mata pelajaran tematik di MI Miftahul Huda Kaliboto.” Ini ditulis oleh Indri Dwi Puspita Anggraiani, NIM 12205183112, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Satu Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Nur Kholis, S.Ag. M.Pd. Kata kunci : strategi guru, kesulitan belajar. Lemahnya minat baca, tulis, dan hitung di kalangan peserta didik setingkat sekolah dasar dikarenakan ketertarikan mereka terhadap gadget dan media sosial. Faktor lain ialah kurang efektifnya strategi guru dalam menanamkan kebiasaan atau tradisi membaca, menulis dan berhitung di lingkungan madrasah, perpustakaan tidak difungsikan secara optimal, serta lingkungan belajar yang tidak berbasis literasi. Peneliti menemukan fakta melalui observasi bahwa masih terdapat beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan belajar membaca, menulis dan berhitung kelas 1 MI Miftahul Huda Kaliboto. Asumsi peneliti bahwa dengan adanya strategi guru yang efektif dan inovatif dalam mengatasi kesulitan akan diperoleh perubahan prestasi pembelajaran yang baik pada peserta didik khususnya pada pelajaran tematik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada peserta didik kelas I di era pandemi covid 19 dalam mata pelajaran tematik di MI Miftahul Huda Kaliboto (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis pada peserta didik kelas I di era pandemi covid 19 dalam mata pelajaran tematik di MI Miftahul Huda Kaliboto (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar berhitung pada peserta didik kelas I di era pandemi covid 19 dalam mata pelajaran tematik di MI Miftahul Huda Kaliboto Penelitian ini mengguankan pendekatan kualitatif, jenis penelitianya adalah deskripsi studi kasus. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan, trimgualsi Teknik dan sumber. Hasil penelitian. Pertama, pelaksanaan program les tambahan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar yang dilaksanakan saat istirahat atau sepulang sekolah menggunakan media kartu huruf saat membimbing peserta didik,dan melakukan evaluasi pembelajaran setiap akhir semester dengan memberikan penilaian autentik berupa penugasan, guru selalu memberikan tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan di rumah maupun di sekolah. Kedua, mengadakan Gerakan literasi selama 15 menit untuk menumbuhkan minat baca kepada peserta didik sebelum pebelajaran meliputi melafal asmaul husna, peningkatan melafalkan kosa kata 3 bahasa dengan didampingi oleh guru, praktik membaca didepan, dan program “membaca khusus” untuk kelas remedial, dan Ketiga dengan menggunakan media konkret sebagai media pembelajaran seperti batu, korek api, kelereng.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183112 Indri dwi puspita anggraini
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:56
Last Modified: 02 Feb 2023 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32588

Actions (login required)

View Item View Item