PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII MTs HIDAYATUS SHALIHIN KEDIRI

AFINA ANINNAS, 17208153056 (2023) PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII MTs HIDAYATUS SHALIHIN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (315kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Active Leaarning tipe Peer Lesson berbasis Information and Communication Technology Terhadap Motivasi dan Hasil Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII MTs Hidayatus Shalihin Kediri” ditulis oleh Afina Aninnas, NIM. 17208153056, pembimbing Dr. Muniri. M.Pd. Kata Kunci: Active Learning tipe Peer Lesson, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kebijakan social distancing sekaligus physical distancing dianggap dapat mereduksi penyebaran COVID-19. Dengan kebijakan itu, pemerintah mendorong semua elemen pendidikan agar dapat mengaktifkan kelas secara daring meskipun secara fisik sekolah telah tutup sementara. Dengan keadaan ini tentunya mengakibatkan pembelajaran disekolah berhenti dan siswa dituntut belajar dari rumah yang terkadang membuat motivasi siswa dan hasil belajar rendah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah menggunakan Active Learning tipe Peer Lesson. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh strategi Active Learning tipe Peer Lesson berbaris Information and Communication Technology terhadap motivasi beajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas VIII MTs Hidayatus Shalihin kediri (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh strategi Active Learning tipe Peer Lesson berbaris Information and Communication Technology terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas VIII MTs Hidayatus Shalihin kediri (3) untuk mengetahui adanya pengaruh strategi Active Learning tipe Peer Lesson berbaris Information and Communication Technology terhadap hasil beajar dan motivasi siswa pada materi sistem ekskresi kelas VIII MTs Hidayatus Shalihin kediri Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Hidayatus Shalihin dengan sampel siswa kelas VIII-B dan VII-C. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan analisis Independent t-tset. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara strategi Active Learning Tipe Peer Lesson berbasis Information and Comunication Technology terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi kelas VIII MTs Hidayatus Shalihin kediri dengan nilai signifikasi pada Equal variances assumed adalah 0,034 yang berarti lebih kecil dari 0,05. dan (2) Ada pengaruh yang signifikan antara strategi Active Learning Tipe Peer Lesson berbasis Information and Comunication Technology terhadap motivasi belajar siswa pada materi Sistem Ekresi kelas VIII MTs Hidayatus Shalihin kediri dengan nilai signifikasi pada Equal variances assumed adalah 0,049 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (3) ada pengaruh strategi active learning tipe peer lesson berbasis information and comunication technology. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan uji MANOVA. Hasil iji homogenitas varian pada uji MANOVA menunjukkan bahwa signifikansi hasil belajar siswa 0,514 > 0.05 dan untuk motivasi sebesar 0,810 > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153056 AFINA ANINNAS
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:43
Last Modified: 22 Feb 2023 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32603

Actions (login required)

View Item View Item