FAUZI, 12204173258 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN HOTS DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA KELAS VIII-B MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, HOTS, Habits of Mind Kemampuan pemecahan masalah matematika dapat diartikan kesanggupan seorang individu dalam mengatasi beragam tugas yang berhubungan dengan matematika dan membutuhkan strategi dalam menyelesaikannya. Kemampuan tersebut sangat penting dimiliki siswa ketika menghadapi suatu permasalah matematika yaitu soal HOTS. Beberapa penyebabnya adalah kebiasan berpikir (habits of mind). Dimana perbedaan kebiasaan berpikir juga mengindikasi perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga berhubungan dengan kebiasaan berpikir (habits of mind). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Kalidawir Tulungagung. Subyek penelitian diambil 6 siswa yaitu 2 siswa habits of mind tinggi, 2 siswa habits of mind sedang dan 2 siswa habits of mind rendah. Metode pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Siswa dengan habits of mind tinggi dalam memecahkan masalah memenuhi semua indikator memahami masalah dengan baik meskipun tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanya, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dengan baik; (2) Siswa dengan habits of mind sedang belum cukup baik dalam melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa Kembali hasil pemecahan masalah, namun cukup baik dalam memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah; (3) Siswa dengan habits of mind rendah dalam memecahkan masalah oleh Polya belum cukup baik dalam semua indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa hasil pemecahan masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Matematika Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173258 Fauzi |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 03:05 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32604 |
Actions (login required)
View Item |