ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN HOTS DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA KELAS VIII-B MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FAUZI, 12204173258 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN HOTS DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA KELAS VIII-B MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, HOTS, Habits of Mind Kemampuan pemecahan masalah matematika dapat diartikan kesanggupan seorang individu dalam mengatasi beragam tugas yang berhubungan dengan matematika dan membutuhkan strategi dalam menyelesaikannya. Kemampuan tersebut sangat penting dimiliki siswa ketika menghadapi suatu permasalah matematika yaitu soal HOTS. Beberapa penyebabnya adalah kebiasan berpikir (habits of mind). Dimana perbedaan kebiasaan berpikir juga mengindikasi perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga berhubungan dengan kebiasaan berpikir (habits of mind). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Kalidawir Tulungagung. Subyek penelitian diambil 6 siswa yaitu 2 siswa habits of mind tinggi, 2 siswa habits of mind sedang dan 2 siswa habits of mind rendah. Metode pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Siswa dengan habits of mind tinggi dalam memecahkan masalah memenuhi semua indikator memahami masalah dengan baik meskipun tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanya, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dengan baik; (2) Siswa dengan habits of mind sedang belum cukup baik dalam melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa Kembali hasil pemecahan masalah, namun cukup baik dalam memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah; (3) Siswa dengan habits of mind rendah dalam memecahkan masalah oleh Polya belum cukup baik dalam semua indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa hasil pemecahan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173258 Fauzi
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:05
Last Modified: 03 Feb 2023 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32604

Actions (login required)

View Item View Item